Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Baku Tembak antara RSF dan Militer Sudan, Dua Pesawat Terbakar di Bandara Khartoum

RSF elah mengambil alih istana presiden,  Bandara Internasional Khartoum, bandara di Kota Merowe dan El-Obeid

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Baku Tembak antara RSF dan Militer Sudan, Dua Pesawat Terbakar di Bandara Khartoum
Twitter
Baku tembak antara pasukan paramiliter Rapid Support Forces (RSF) dan angkatan militer negara di Afrika Utara itu pecah pada Sabtu (15/4/20123) yang diwarnai pembakaran 2 pesawat di bandara Khartoum 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bentrokan antara kelompok militer pecah di Sudan Afrika Utara yang dikhawatirkan memicu perang saudara.

Pasukan paramiliter Rapid Support Forces (RSF) terlibat baku tembak dengan Tentara Nasional Sudan.

RSF merupakan sebuah kelompok paramiliter berpengaruh di Sudan yang dibentuk sejak perang Darfur tahun 2013 dan dipimpin oleh Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, yang dikenal dengan nama ‘Hemedti’.

Dikutip dari Reuters, RSF mengklaim telah mengambil alih istana presiden,  Bandara Internasional Khartoum, bandara di Kota Merowe dan El-Obeid.

Bahkan, dalam  baku tembak di Bandara Khartoum itu dilaporkan ada pembakaran pesawat  A330-300 Saudia dan satu pesawat 737-800 SkyUp Airlines.

Pangkalan militer di Kota Merowe telah dikepung dan ditembaki dengan senjata berat.

Pecahnya baku tembak ini menyusul ketegangan yang telah berlangsung selama berhari-hari antara militer Sudan dan RSF.

Situasi di Sudan memicu kekhawatiran akan terjadinya konfrontasi yang dapat merusak segala upaya yang telah berjalan lama untuk mengembalikan pemerintahan sipil setelah perebutan kekuasaan dan kudeta militer.

BERITA TERKAIT

Uni Eropa menyerukan pihak-pihak yang berkonflik di negara Afrika itu untuk segera menghentikan kekerasan dan  meminta semua kekuatan untuk segera menghentikan kekerasan.

"Eskalasi hanya akan memperburuk situasi. Perlindungan warga adalah prioritas,” cuit Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, di Twitter, Sabtu (15/4/2023).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas