Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Stres Berat Sepulang Memata-matai Al Qaedah, Spion M16 Bunuh Anak Sendiri

Intelijen M16 yang tidak disebutkan namanya tersebut menghabisi anaknya akibat stress berat setelah ditugaskan memata-matai organisasi teroris

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Stres Berat Sepulang Memata-matai Al Qaedah, Spion M16 Bunuh Anak Sendiri
Abdul Basit/AFP
Ilustrasi: Warga berkumpul di sekitar truk yang terbakar setelah pasukan Taliban menembakkan mortir ke kota perbatasan Chaman, Pakistan pada 11 Desember 2022. Pasukan Taliban Afghanistan melepaskan tembakan ke perbatasan yang melintasi Pakistan pada 11 Desember, menewaskan enam warga sipil, kata militer Pakistan. Lebih dari selusin orang terluka oleh "tembakan yang tidak beralasan dan sembarangan" di dekat kota Chaman di provinsi Balochistan, tambah militer. 

TRIBUNNEWS.COM – Seorang mata-mata di Inggris diberitakan tega membunuh anak sendiri.

Intelijen M16 yang tidak disebutkan namanya tersebut menghabisi anaknya akibat stress berat setelah ditugaskan memata-matai organisasi yang dianggap teroris di Perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Media The Times mengungkapkan bocoran dokumen Pemerintah Inggris yang menyebutkan spion militer Inggris itu mengalami depresi setelah berhasil menyusup ke kamp jihadis.

Baca juga: Kim Jong Un Minta Pejabatnya Lanjutkan Peluncuran Satelit Mata-mata dan Dilaksanakan Sesuai Jadwal

Usai melakukan aksi spionase tersebut, ia mengalami tekanan mental dan membunuh anaknya sendiri.

Berdasar dokumen yang dilihat media Inggris, pria tersebut dikirim oleh MI6 untuk mendokumentasikan sebuah kamp yang digunakan oleh ekstremis Taliban dan Al Qaeda meskipun mencatatkan skor terburuk pada tes yang dirancang untuk mengukur stabilitas emosional.

Laporan tersebut mengklaim bahwa mata-mata itu juga memiliki catatan kriminal dan sebelumnya mengalami gangguan mental.

Sekembalinya ke Inggris setelah penugasannya, tercatat oleh MI6 bahwa pria tersebut berada dalam kondisi tekanan mental yang ekstrim, menurut dokumen tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Dia kemudian mengaku membunuh anaknya sendiri, yang ditemukan meninggal dengan banyak luka parah. Dia ditangkap dan didakwa dengan pembunuhan.

Juri dalam persidangan berikutnya menerima bahwa mata-mata itu menderita penyakit mental tetapi memutuskan dia bersalah atas pembunuhan.

Tidak diketahui secara pasti kapan mata-mata itu dikirim ke wilayah pegunungan Waziristan untuk penugasannya, namun The Times melaporkan bahwa ia ditugaskan untuk menyamar sebagai tentara jihadis.

Daerah itu menjadi sasaran operasi kontra-pemberontakan oleh pemerintah Pakistan, dan juga telah dibom oleh pasukan AS.

Saat bertugas, diklaim bahwa dia dipaksa untuk membersihkan dan menguburkan pejuang Taliban yang mati dan cacat parah.

Baca juga: Diinterogasi Selama 5 Jam, Ini 5 Poin Penting Sidang Kongres AS Soal Isu Spionase TikTok

Dia menyaksikan pemenggalan kepala sebuah keluarga yang dituduh sebagai mata-mata AS, dan juga diharuskan memegang kepala seorang anak yang dipenggal.

Tercatat dalam pembekalannya bahwa ketika mata-mata itu kembali ke Inggris, dia mengalami tingkat stres yang sangat tinggi.

Dia diberi liburan yang dibayar penuh tetapi seorang dokter kemudian mengatakan bahwa dia tidak mampu melakukan tugas sehari-hari sebagai akibat dari gangguan psikologisnya, kata laporan itu.

Menurut pembelaan hukum mata-mata itu, kesejahteraannya dan orang-orang di sekitarnya "sepenuhnya diabaikan" oleh dinas keamanan Inggris.

“Dia adalah pria yang sangat rentan dan anaknya ditinggalkan dalam keadaan yang paling rentan,” kata Liam Kotrie dari Pengacara Mary Monson dalam komentar yang diterbitkan pada hari Sabtu.

Mengutip kebijakan, badan intelijen Inggris menolak berkomentar saat didekati The Times.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas