Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia: Ukraina Serang Gedung Pemerintahan Kremlin, Targetkan Presiden Vladimir Putin

Rusia menuduh Ukraina menyerang gedung Pemerintahan Kremlin untuk menargetkan dan membunuh Presiden Vladimir Putin. Ukraina membantah tuduhan ini.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Salma Fenty
zoom-in Rusia: Ukraina Serang Gedung Pemerintahan Kremlin, Targetkan Presiden Vladimir Putin
RIA Novosti
Cuplikan video yang dirilis oleh RIA Novosti menunjukkan ledakan yang terjadi di atas gedung pemerintahan Rusia di Moskow pada Rabu (3/5/2023) dini hari. Rusia menuduh Ukraina melakukan serangan ini untuk menargetkan dan membunuh Presiden Vladimir Putin. 

TRIBUNNEWS.COM - Rusia menuduh Ukraina mencoba melakukan serangan drone di gedung pemerintahan Kremlin di Moskow, Rusia, pada Rabu (3/5/2023) dini hari.

Kremlin mengatakan serangan itu bertujuan untuk membunuh Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Tadi malam, rezim Kyiv berusaha melakukan serangan di kediaman Kremlin dari Presiden Federasi Rusia dengan kendaraan udara tak berawak (drone)," kata Kantor Kepresidenan Rusia.

Presiden Vladimir Putin tidak berada di gedung itu saat penyerangan terjadi.

“Kremlin telah menilai tindakan ini sebagai tindakan teroris yang direncanakan dan upaya pembunuhan terhadap presiden pada malam Hari Kemenangan, Parade 9 Mei,” lapor kantor berita negara RIA Novosti.

Tidak ada kerusakan material yang terjadi di gedung itu dan Kremlin mengatakan Rusia berhak untuk membalas kepada Ukraina.

Pemerintahan Putin mengeluarkan tuduhan itu pada Rabu (3/5/2023) dan melaporkannya di sejumlah media negara Rusia.

Baca juga: Kebakaran Depot Minyak Rusia di Krasnodar, Diduga akibat Serangan Drone

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, sebuah video beredar di media sosial, menunjukkan kepulan asap di puncak gedung Senat Kremlin pada Selasa (2/5/2023).

Video itu diposting pada dini Rabu (3/5/2023) di sebuah grup untuk penduduk di lingkungan yang menghadap Kremlin di seberang Sungai Moskva dan diambil oleh media Rusia, termasuk saluran Telegram dari outlet berita militer, Zvezda.

Cuplikan video yang dirilis oleh media negara Rusia, RIA Novosti, yang menunjukkan ledakan yang terjadi di atas gedung pemerintahan Rusia di Moskow pada Rabu (3/5/2023) dini hari. Rusia menuduh Ukraina melakukan serangan ini untuk menargetkan Presiden Vladimir Putin.
Cuplikan video yang dirilis oleh media negara Rusia, RIA Novosti, pada Rabu (3/5/2023) dini hari. Terlihat sebuah objek melayang di dekat atap gedung pemerintahan di Moskow, Rusia, sebelum meledak. Rusia menuduh Ukraina melakukan serangan ini untuk menargetkan Presiden Vladimir Putin. (RIA Novosti)

Baca juga: AS: Hasil Serangan Balasan ke Rusia akan Pengaruhi Hubungan Barat dan Ukraina

Tanggapan Ukraina

Penasihat Utama Presiden Volodymyr Zelensky, Mikhail Podolyak mengatakan, Ukraina tidak ada hubungannya dengan dugaan insiden tersebut.

Mikhail Podolyak mengatakan klaim Rusia adalah palsu, dengan mengatakan Rusia sedang mempersiapkan serangan teroris skala besar.

"Itu memberi RF (Rusia) alasan untuk membenarkan serangannya terhadap warga sipil," kata Mikhail Podolyak di Twitter.

"Munculnya kendaraan udara tak berawak tak dikenal di fasilitas energi atau di wilayah Kremlin hanya dapat mengindikasikan aktivitas gerilya pasukan perlawanan lokal. Seperti yang Anda ketahui, drone dapat dibeli di toko militer mana pun," lanjutnya.

Mikhail Podolyak, Penasihat Utama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky
Mikhail Podolyak, Penasihat Utama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Mikhail Podolyak)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas