Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Erdogan Pimpin Pemilu Presiden Turki Putaran 1, Siap Bersaing dengan Kilicdaroglu di Putaran 2

Recep Tayyip Erdogan mengikuti Pemilu Presiden Turki 2023 putaran kedua pada 28 Mei 2023. Erdogan akan bersaing ketat dengan Kemal Kilicdaroglu.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Erdogan Pimpin Pemilu Presiden Turki Putaran 1, Siap Bersaing dengan Kilicdaroglu di Putaran 2
ILYAS AKENGIN/AFP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara kepada pers selama kunjungannya ke kota Diyarbakir, Turki tenggara yang paling terpukul, lima hari setelah gempa berkekuatan 7,8 skala Richter melanda wilayah perbatasan Turki dan Suriah, pada 11 Februari 2023. Bencana dan kemarahan yang diakibatkannya tentang bagaimana pemerintah Turki menanganinya, datang hanya beberapa bulan sebelum pemilihan presiden pada bulan Juni. Erdogan mengakui untuk pertama kalinya pada 10 Februari 2023 bahwa pemerintahnya tidak dapat menjangkau dan membantu para korban "secepat yang kami inginkan". - Erdogan unggul dalam pemilu Capres Turki putaran pertama pada 14 Mei 2023. Ia akan bersaing dengan Kilicdaroglu pada pemilu Capres putaran kedua pada 28 Mei 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Recep Tayyip Erdogan memimpin atas rivalnya, Kemal Kilicdaroglu dan Sinan Ogan dalam pemilu Presiden Turki putaran pertama pada Minggu (14/5/2023).

Meski unggul dari Kemal Kilicdaroglu dan Sinan Ogan, perolehan suara Erdogan tidak mencapai 50 persen suara mayoritas.

Menurut laporan Anadolu Agency, Erdogan unggul 49,4 persen suara dari Kilicdaroglu di angka 44,9 persen suara pada Minggu (14/5/2023).

Sementara itu, kandidat ketiga pada pemilu Capres putaran pertama, Sinan Ogan hanya memperoleh 5,3 persen suara.

"Kami sudah mengungguli saingan terdekat kami dengan 2,6 juta suara. Kami berharap angka ini meningkat dengan hasil resmi," kata Erdogan.

Diperkirakan, kandidat Capres Turki, Erdogan dan Kilicdaroglu akan maju di pemilu Capres Turki putaran kedua pada 28 Mei 2023.

Baca juga: Turki Bersiap Gelar Pilpres Putaran Kedua, Belum Ada Kandidat yang Raih Suara Lebih dari 50 Persen

Sementara mayoritas suara domestik di Turki sudah dihitung, sebagian besar surat suara yang diberikan di luar negeri belum dihitung.

BERITA TERKAIT

Perincian juga dapat berubah tergantung pada bagaimana badan pemilihan menangani suara yang diberikan untuk Muharrem Ince, yang telah mengundurkan diri dari pemilihan tetapi menerima sekitar 0,5 persen.

Kolase foto menunjukkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) dan Kemal Kilicdaroglu (kanan).
Kolase foto menunjukkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) dan Kemal Kilicdaroglu (kanan). (ADEM ALTAN / AFP)

Baca juga: Erdogan dan Kilicdaroglu Bersaing Ketat Perebutkan Kursi Kepresidenan Turki 2023

Kandidat Capres Turki Saling Tuduh soal Manipulasi Hasil

Kandidat Capres Turki, Kilicdaroglu mendesak Dewan Pemilihan Tertinggi untuk bertanggung jawab dan bergegas merilis hasil pemilihan presiden.

Ia mengklaim Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) yang berkuasa oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan, menghalangi keinginan Turki.

“Bangsaku yang terkasih, mereka memblokir sistem dengan keberatan berulang kali pada pemungutan suara di mana kami memiliki suara yang lebih tinggi,” kata Kilicdaroglu kepada wartawan di markas besar partainya di Ankara pada Minggu (14/5/2023) malam.

“Anda tidak dapat mencegah apa yang akan terjadi melalui keberatan. Kami tidak akan membiarkan fait accompli,” katanya, menurut Al Jazeera.

Sebaliknya, Partai AK Erdogan menuduh kandidat sainganny atas upaya untuk membunuh kehendak nasiona.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas