Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-449, Ini Rangkuman Peristiwa yang Terjadi

Kesepakatan biji-bijian Laut Hitam diperpanjang; China memberi tahu misi luar negeri Beijing untuk tidak menampilkan 'propaganda yang dipolitisasi'

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-449, Ini Rangkuman Peristiwa yang Terjadi
Telegram/Pavlo Kyrylenko/Kepala Administrasi Militer Oblast Donetsk
Potret bangunan yang rusak di Donetsk setelah Rusia meluncurkan serangan rudal pada Senin (15/5/2023) malam hingga Selasa (16/5/2023) pagi waktu setempat. 

TRIBUNNEWS.COM - Perang Rusia dan Ukraina telah memasuki hari ke-449, Kamis (18/5/2023).

Mengutip The Guardian, berikut sejumlah peristiwa yang terjadi.

- Kesepakatan biji-bijian Laut Hitam akhirnya diperpanjang selama dua bulan lagi.




Langkah itu dipuji oleh sekretaris jenderal PBB, António Guterres, yang menyebutnya sebagai “kabar baik bagi dunia”.

- Menteri luar negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan kepada utusan tinggi China bahwa Ukraina tidak akan menerima proposal perdamaian apa pun jika harus kehilangan wilayah atau membekukan konflik, kata kementerian luar negeri Ukraina.

Li Hui, perwakilan khusus China untuk urusan Eurasia dan mantan duta besar untuk Rusia, mengunjungi Ukraina pada 16-17 Mei.

Baca juga: China Minta Kedutaan Besar Negara Barat di Beijing Turunkan Bendera Ukraina

- China memberi tahu beberapa utusan luar negeri di Beijing untuk tidak menampilkan "propaganda yang dipolitisasi" di gedung mereka, kata para diplomat kepada Reuters.

BERITA TERKAIT

Permintaan itu, tampaknya merujuk pada bendera Ukraina yang dikibarkan sejak invasi Rusia.

- Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, meminta pemerintah Uni Eropa untuk menambahkan €3,5 miliar ke Fasilitas Perdamaian Eropa (EPF).

Dana itu digunakan untuk membiayai bantuan militer untuk Ukraina, kata sumber-sumber Uni Eropa.

Sejauh ini EPF telah mengalokasikan €4,6 miliar bantuan militer untuk Ukraina.

- Sementara itu, Hongaria mengatakan akan memblokir tahap dukungan militer UE berikutnya dan sanksi baru apa pun terhadap Rusia kecuali Ukraina menghapus OTP bank Hongaria dari daftar sponsor perangnya.

- Inggris dapat mendukung militer Ukraina dengan memungkinkan negara lain yang ingin memasok jet tempur dan peralatan militer lainnya untuk melakukannya, kata menteri pertahanan Inggris.

“Apa yang jelas dapat kami sumbangkan adalah pelatihan dan dukungan, sekali lagi, dalam batas, karena kami tidak memiliki pilot F16,” kata Ben Wallace pada konferensi pers di Berlin dengan mitranya dari Jerman ketika ditanya tentang rencana internasional untuk mengirim jet ke Ukraina.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace berbicara kepada media saat dia menghadiri kunjungan ke Dataran Salisbury di Wiltshire, tempat Angkatan Bersenjata Australia mendukung pelatihan rekrutan Ukraina yang dipimpin Inggris, pada 1 Februari 2023.
Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace berbicara kepada media saat dia menghadiri kunjungan ke Dataran Salisbury di Wiltshire, tempat Angkatan Bersenjata Australia mendukung pelatihan rekrutan Ukraina yang dipimpin Inggris, pada 1 Februari 2023. (Ben Birchall / POOL / AFP)

Baca juga: KTT Dewan Eropa Setujui Daftar Kerusakan untuk Ukraina akibat Invasi Rusia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas