Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wilson, Anjing Pelacak yang Hilang saat Bantu Cari 4 Anak Kolombia di Hutan Amazon

Anjing pelacak bernama Wilson hilang saat membantu mencari 4 anak Kolombia, korban kecelakaan pesawat Cessna 206 di Hutan Amazon, Kolombia.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Wilson, Anjing Pelacak yang Hilang saat Bantu Cari 4 Anak Kolombia di Hutan Amazon
HANDOUT / Tentara Kolombia / AFP
Gambar selebaran dirilis pada 12 Juni 2023 oleh Tentara Kolombia dari gembala Belgia "Wilson" yang mengambil bagian dalam penyelamatan empat anak adat setelah mengembara di hutan selama 40 hari. Tentara Kolombia masih mencari gembala Belgia berusia enam tahun Wilson yang memainkan peran penting dalam menemukan empat anak, tetapi telah menghilang di dalam hutan Kolombia yang lebat. HANDOUT / Tentara Kolombia / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Anjing pelacak bernama Wilson dinyatakan hilang saat membantu mencari empat anak Kolombia korban kecelakaan pesawat Cessna 206 di Hutan Amazon, Kolombia.

Anjing jenis Belgian Shepherd itu ikut dalam pencarian empat anak bersama tentara Kolombia selama berminggu-minggu.

Wilson yang berusia enam tahun, hilang sejak dua minggu lalu saat melaksanakan tugasnya.




Beberapa tentara yang terlibat penyelamatan empat anak Kolombia itu berjanji untuk terus menyisir Hutan Amazon untuk mencari Wilson.

"Pencarian belum selesai," kata tentara Kolombia dalam sebuah pernyataan, Rabu (13/6/2023).

"Kami tidak akan meninggalkan kawan yang jatuh," lanjutnya, dikutip dari Al Jazeera.

Baca juga: Hilang 40 Hari, 4 Anak Kolombia Korban Kecelakaan Pesawat Ditemukan Hidup di Hutan Amazon

Wilson juga termasuk sebagai bagian dari regu pencari Cessna 206 yang jatuh, yang membawa tujuh penumpang saat mesinnya rusak pada bulan Mei.

BERITA TERKAIT

Tiga orang dewasa dalam pesawat itu meninggal dunia dan empat lainnya yang merupakan anak-anak, hilang setelah kecelakaan.

Wilson Disebut Sempat Jaga 4 Anak di Hutan Amazon

Gambar selebaran yang dirilis oleh Angkatan Darat Kolombia menunjukkan seorang tentara dengan anjing pencari 'Wilson' mengendus gunting yang ditemukan di hutan di daerah pedesaan kotamadya Solano, departemen Caqueta, Kolombia, pada 17 Mei 2023, selama pencarian empat anak hilang setelah kecelakaan pesawat di hutan. Lebih dari 100 tentara dengan anjing pelacak mengikuti
Gambar selebaran yang dirilis oleh Angkatan Darat Kolombia menunjukkan seorang tentara dengan anjing pencari 'Wilson' mengendus gunting yang ditemukan di hutan di daerah pedesaan kotamadya Solano, departemen Caqueta, Kolombia, pada 17 Mei 2023, selama pencarian empat anak hilang setelah kecelakaan pesawat di hutan. Lebih dari 100 tentara dengan anjing pelacak mengikuti "jejak" empat anak hilang di Amazon Kolombia setelah kecelakaan pesawat kecil yang menewaskan tiga orang dewasa, kata militer Rabu. HANDOUT / Tentara Kolombia / AFP (HANDOUT / Tentara Kolombia / AFP)

Baca juga: Kecelakaan pesawat Kolombia: Anjing yang bantu temukan empat anak di Hutan Amazon belum ditemukan

Surat kabar El Tiempo memuji Wilson karena menemukan botol milik anak bungsu, Cristin, yang dikeluarkan dari reruntuhan oleh kakak tertuanya, Lesly.

El Tiempo melaporkan, anjing pelacak itu mungkin berhasil menyusul anak-anak itu.

"Kami melihatnya sekitar 40 meter dan kami mencoba memanggilnya," kata Carlos Villegas, salah satu pawang anjing kepada El Tiempo.

"Teman saya mendekatinya, dia mencoba bermain dengannya untuk menangkapnya, tetapi (Wilson) lari," lanjutnya.

Wilson bersama seorang tentara Kolombia. Wilson, anjing pelacak yang ikut dalam pencarian 4 anak korban kecelakaan pesawat di Hutan Amazon, hilang saat menjalankan tugasnya pada Mei 2023. Militer Kolombia hingga kini terus melakukan pencarian Wilson.
Wilson bersama seorang tentara Kolombia. Wilson, anjing pelacak yang ikut dalam pencarian 4 anak korban kecelakaan pesawat di Hutan Amazon, hilang saat menjalankan tugasnya pada Mei 2023. Militer Kolombia hingga kini terus melakukan pencarian Wilson. (Colombian Army)

"Menurut apa yang dikatakan anak-anak kepada kami, kami dapat memastikan bahwa Wilson sangat kurus dan tidak banyak makan di hutan," kata Jenderal Pedro Sánchez, kepada pers, Sabtu (10/6/2023). 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas