Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Deutsche Welle

Menlu RI Kunjungi Denmark Pertama Kali Setelah 17 Tahun, Ini Yang Dibahas

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama yang dilakukan oleh Menlu Indonesia setelah 17 tahun, kata Menlu Retno

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Menlu RI Kunjungi Denmark Pertama Kali Setelah 17 Tahun, Ini Yang Dibahas
Dokumentasi Kementerian Luar Negeri RI
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan kunjungan kerja ke Kopenhagen, Denmark Rabu (14/6/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, KOPENHAGEN - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan kunjungan kerja ke Kopenhagen, Denmark, Rabu (14/6/2023).

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama yang dilakukan oleh Menlu Indonesia setelah 17 tahun, kata Menlu Retno pada konferensi pers virtual.

"Kunjungan terakhir dilakukan pada tahun 2006," ujarnya.

Kunjungan ini juga sekaligus sebagai kunjungan balasan kepada Menlu Denmark yang telah berkunjung ke Jakarta, November 2021.

Beberapa hal dibahas pada pertemuan bilateral dengan Menlu Denmark Jeppe Kofod.

Retno mengatakan Denmark adalah mitra dagang Indonesia terbesar di wilayah Nordik pada tahun 2022.

BERITA REKOMENDASI

Tahun lalu, perdagangan kedua negara naik hingga 132 persen dan mencapai hampir 1 miliar USD.

Kedua Menlu menyambut baik kenaikan tersebut dan meyakini jika perundingan Indonesia-EU CEPA sudah dapat diselesaikan, maka hubungan perdagangan akan semakin kuat.

Pada pertemuan tersebut, Retno mengatakan juga turut dibahas upaya untuk mempercepat penyelesaian perundingan Indonesia-EU CEPA setelah perundingan putaran ke-14 akhir bulan lalu.

"Kita juga membahas penguatan perdagangan hanya dapat dilakukan jika kedua belah pihak dapat menghilangkan hambatan perdagangan. Jadi kita juga bahas bagaimana upaya untuk menghilangkan hambatan perdagangan," ujarnya.

Di sektor energi, terdapat potensi untuk pengembangan smart grid, energi surya, bayu dan hidro.

Menlu Retno juga mendorong realisasi komitmen dukungan Denmark terhadap implementasi Just Energy Transition Partnership (JETP) di Indonesia.

Baca juga: Iran Bebaskan 1 Warga Denmark dan 2 Warga Austria

Di sektor kesehatan Indonesia mengharapkan kerja sama untuk penguatan kemandirian kesehatan, termasuk melalui kerja sama antara Bio Farma dan Nova Nordisk untuk mengatasi penyakit diabetes.

Selain isu-isu bilateral, dalam pertemuan dengan Menlu Denmark juga dibahas isu-isu kawasan dan dunia, seperti ASEAN, terutama prioritas Keketuaan Indonesia di ASEAN, isu Afghanistan, dan juga kerja sama Utara-Selatan.

"Saya juga menggunakan kesempatan pertemuan untuk minta dukungan Denmark terhadap pencalonan Indonesia di Dewan Keamanan PBB untuk 2029-2030," ujarnya.

Kedua Menlu juga menyaksikan penandatangangan Implementing Arrangement untuk MoU on Infrastructure Project Financing dengan nilai 1 miliar Euro atau sekitar 16 triliun Rupiah.

Penandatanganan ini penting untuk penguatan kemitraan kedua negara dalam kerja sama proyek infrastruktur strategis di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas