Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Lancarkan Serangan Udara ke Ukraina, Menewaskan Setidaknya 6 Orang

Sebuah rudal menghantam gudang di Odesa, menewaskan sedikitnya tiga pekerja, sementara tiga warga sipil lainnya tewas di wilayah Donetsk.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Rusia Lancarkan Serangan Udara ke Ukraina, Menewaskan Setidaknya 6 Orang
Anatolii Stepanov / AFP
Prajurit Ukraina dari Brigade Serangan Gunung ke-10 "Edelweiss" mengubah posisi setelah menembakkan roket dari peluncur roket berganda BM-21 'Grad' menuju posisi Rusia, dekat Bakhmut di wilayah Donetsk pada 13 Juni 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. 

TRIBUNNEWS.COM - Sedikitnya enam orang tewas akibat serangan udara Rusia di wilayah Odesa dan Donetsk, Ukraina, kata pejabat Ukraina pada Rabu.

Dilansir New York Times, rudal menghantam sebuah gudang di Odesa, menewaskan sedikitnya tiga orang yang bekerja di sana.

Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengatakan bahwa Rusia telah menembakkan empat rudal Kalibr ke infrastruktur sipil di wilayah Odesa, menghantam gudang dan merusak pusat bisnis, lembaga pendidikan, kompleks perumahan, restoran cepat saji, dan toko.




Tujuh orang terluka, kata kementerian itu.

Foto-foto yang diposting oleh layanan tanggap darurat Odessa menunjukkan petugas pemadam kebakaran kota berjuang melawan kobaran api di gudang saat mereka melewati potongan langit-langit yang jatuh dan baja yang bengkok.

Rudal jelajah presisi diluncurkan dari Laut Hitam, kata komando selatan dalam sebuah pernyataan, dua berhasil dicegat.

Baca juga: Putin Sebut Rusia Pertimbangkan Rebut Ibu Kota Ukraina: Haruskah Kita Kembali ke Sana?

Lebih dekat ke garis depan di kota timur Kramatorsk, serangan rudal lainnya menyebabkan dua orang tewas dan dua lainnya cedera.

BERITA TERKAIT

Sementara itu di dekat Kostyantynivka, satu orang tewas dan satu lainnya cedera, ujar Pavlo Kyrylenko, kepala administrasi militer regional Donetsk dalam sebuah pernyataan.

Serangan langsung oleh rudal menjadi jarang karena Ukraina telah memperoleh lebih banyak pengalaman menembak jatuh tembakan Rusia.

Tetapi mencegat senjata udara membawa risikonya sendiri, karena puing-puing sering menghujani wilayah sipil.

Dalam pembaruan hariannya pada Rabu, staf umum militer Ukraina mengatakan pertempuran sedang berlangsung di beberapa desa di Donetsk barat dan Zaporizhzhia timur.

Hanna Malyar, wakil menteri pertahanan, mengatakan di aplikasi perpesanan Telegram bahwa pasukan Ukraina memiliki "keberhasilan sebagian" dalam pertempuran sengit, meskipun perolehan diukur dengan kaki, bukan mil.

Prajurit Ukraina ikut serta dalam latihan militer tidak jauh dari garis depan di wilayah Donetsk pada 8 Juni 2023. Anatolii Stepanov / AFP
Prajurit Ukraina ikut serta dalam latihan militer tidak jauh dari garis depan di wilayah Donetsk pada 8 Juni 2023. Anatolii Stepanov / AFP (Anatolii Stepanov / AFP)

Baca juga: Populer Internasional: Putin Sebut Ukraina Rugi Besar setelah Serangan Balasan - Sidang Donald Trump

Malyar mengatakan pasukan Ukraina telah maju 650 hingga 1.600 kaki di beberapa tempat di sekitar kota timur Bakhmut, dan sekitar 1.000 kaki di beberapa tempat di selatan.

Dalam serangan terpisah di wilayah Sumy timur laut Ukraina dekat perbatasan dengan Rusia, enam orang yang bepergian dengan kendaraan ditembak mati oleh pasukan Rusia, kata kantor kejaksaan Ukraina dalam pernyataan yang diposting di aplikasi pesan Telegram.

Para korban termasuk empat pekerja kehutanan dan dua warga sipil, kata pernyataan itu, menambahkan bahwa kantor kejaksaan telah membuka penyelidikan.

Pasukan Rusia terus melancarkan serangan udara ke kota-kota Ukraina yang jauh dari garis depan, bahkan saat mereka juga melawan serangan balik Ukraina.

Di kota Kryvyi Rih, Ukraina tengah, jumlah korban tewas akibat serangan rudal pada Selasa naik menjadi 12, kata Oleksandr Vilkul, kepala administrasi militer kota itu, melalui Telegram pada Rabu.

Ratusan lainnya kemungkinan besar mengungsi akibat serangan itu, dengan hampir 400 apartemen rusak, tulis Vilkul di Telegram.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas