Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lukashenko Ancam Yevgeny Prigozhin jika Tak Mundur: Rusia Bisa Hancurkan Wagner seperti Serangga

Presiden Belarus Lukashenko peringatkan Yevgeny Prigozhin saat negosiasi, Rusia bisa hancurkan Wagner seperti serangga jika lanjutkan aksi ke Moskow.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Lukashenko Ancam Yevgeny Prigozhin jika Tak Mundur: Rusia Bisa Hancurkan Wagner seperti Serangga
Selebaran / Layanan pers kepresidenan Belarusia / AFP
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko berbicara dalam sebuah upacara penyerahan tanda pangkat sang jenderal kepada perwira tinggi di Istana Kemerdekaan di Minsk pada 27 Juni 2023. Pemimpin orang kuat Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan pada 27 Juni 2023 bahwa ketegangan berkepanjangan antara tentara Moskow dan kelompok tentara bayaran Wagner, yang melakukan pemberontakan di Rusia, salah urus. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Belarus, Alexander Lukashenko, memperingatkan pemimpin perusahaan militer swasta, Wagner, Yevgeny Prigozhin saat melakukan negosiasi damai antara Rusia dan Wagner.

Alexander Lukashenko mengatakan, Yevgeny Prigozhin dan Wagner bisa dihancurkan seperti serangga jika dia berani melanjutkan perjalanan dari Kota Rostov ke Kota Moskow.

"Brigade militer siap ditempatkan ke Moskow untuk mempertahankan ibu kota Rusia jika diperlukan," kata Alexander Lukashenko pada militer Belarus, Selasa (27/6/2023).




"Kami juga khawatir kerusuhan dapat keluar dari Rusia, dan kami akan menjadi yang berikutnya," lanjutnya.

Sebelumnya, Lukashenko mengatakan Rusia mengumpulkan sekitar 10.000 tentara untuk mengusir pawai Wagner ke Moskow pada Sabtu (24/6/2023).

"Belarus juga siap mengirim pasukan ke Rusia," katanya, dikutip dari RT.

Baca juga: Cegah Kudeta Susulan, Rusia Sita Alat Tempur Wagner Group di Medan Perang

Lukashenko yakin, Rusia akan menang melawan para pemberontak tapi itu mungkin akan mengakibatkan ribuan kematian.

BERITA TERKAIT

Sehingga, menurutnya, solusi damai adalah prioritasnya dalam menengahi Wagner dan Rusia.

Presiden Belarus itu mengatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin, membuatnya harus menawarkan bantuan sebagai mediator karena kekhawatirannya.

"Hal yang paling berbahaya… bukanlah situasi itu sendiri tetapi potensi konsekuensinya,” kata Lukashenko kepada militer Belarus, Selasa (27/6/2023).

Alexander Lukashenko mengatakan, Putin pernah berbicara padanya tentang Yevgeny Prigozhin yang memutus komunikasi saat memimpin pasukan Wagner menuju Moskow.

"Dengar Alex, itu tidak berguna. Dia (Prigozhin) bahkan tidak mengangkat telepon, dia tidak ingin berbicara dengan siapa pun," kata Putin pada Lukashenko, dikutip dari The New York Post.

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko berbicara dalam sebuah upacara penyerahan tanda pangkat sang jenderal kepada perwira tinggi di Istana Kemerdekaan di Minsk pada 27 Juni 2023. Pemimpin orang kuat Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan pada 27 Juni 2023 bahwa ketegangan berkepanjangan antara tentara Moskow dan kelompok tentara bayaran Wagner, yang melakukan pemberontakan di Rusia, salah urus.
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko berbicara dalam sebuah upacara penyerahan tanda pangkat sang jenderal kepada perwira tinggi di Istana Kemerdekaan di Minsk pada 27 Juni 2023. Pemimpin orang kuat Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan pada 27 Juni 2023 bahwa ketegangan berkepanjangan antara tentara Moskow dan kelompok tentara bayaran Wagner, yang melakukan pemberontakan di Rusia, salah urus. (Selebaran / Layanan pers kepresidenan Belarusia / AFP)

Baca juga: Presiden Alexander Lukashenko Sambut Bos Wagner Yevgeny Prigozhin di Belarusia

Meski demikian, Lukashenko berhasil menghubungi Yevgeny Prigozhin dengan bantuan Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB).

Pada 30 menit pertama dalam panggilan telepon itu, Yevgeny Prigozhin sangat berapi-api dan berbicara dalam kata-kata kotor.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas