Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dipicu Penembakan terhadap Remaja, Prancis Kerusuhan, Presiden Macron Gelar Pertemuan Darurat

Pada malam kedua kerusuhan, polisi melakukan penangkapan terhadap 150 orang secara nasional

Editor: Sanusi
zoom-in Dipicu Penembakan terhadap Remaja, Prancis Kerusuhan, Presiden Macron Gelar Pertemuan Darurat
Odd ANDERSEN / AFP
Presiden Prancis Emmanuel Macron 

TRIBUNNEWS.COM, PARIS - Pasca penembakan mematikan oleh polisi terhadap seorang remaja keturunan Afrika Utara saat dilakukan pemberhentian lalu lintas, kerusuhan melanda Prancis.

Presiden Prancis Emmanuel Macron akhirnya menggelar pertemuan darurat dengan para menteri senior pada Kamis.

Pada malam kedua kerusuhan, polisi melakukan penangkapan terhadap 150 orang secara nasional, demikian disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin, ketika kemarahan publik meluap ke jalan-jalan, terutama di pinggiran kota-kota besar Prancis yang memiliki keragaman etnis.

Baca juga: Kerusuhan Terjadi di Prancis Buntut Kasus Polisi Tembak Remaja 17 Tahun akibat Langgar Lalu Lintas

Episentrum kerusuhan terjadi di Nanterre, sebuah kota kelas pekerja di pinggiran barat Paris, tempat terjadinya penembakan terhadap seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun yang diidentifikasi sebagai Nahel.

"Beberapa jam terakhir ditandai dengan adegan kekerasan terhadap kantor polisi, sekolah, dan balai kota, yang dengan jelas tidak dapat dibenarkan terhadap institusi Republik ini," ujar Macron saat membuka pertemuan darurat tersebut.

Baca juga: Polisi Prancis Tembak Mati Pria 17 Tahun yang Diduga Langgar Aturan Lalu Lintas

Penembakan yang mengakibatkan kematian ini telah memunculkan keluhan lama tentang kekerasan yang dilakukan oleh polisi di daerah dengan pendapatan rendah dan mayoritas penduduknya berasal dari ras campuran yang tinggal di sekitar kota-kota besar di Prancis.

Sebuah video yang beredar di media sosial, yang telah diverifikasi oleh Reuters, menunjukkan dua petugas polisi berdiri di samping sebuah mobil Mercedes AMG, di mana salah satu petugas menembak pengemudi remaja itu dari jarak dekat saat ia berusaha melarikan diri.

BERITA TERKAIT

Remaja tersebut kemudian meninggal karena luka-lukanya, seperti yang diungkapkan oleh jaksa setempat.

Kementerian Dalam Negeri menyatakan pada hari Rabu bahwa 2.000 polisi telah dikerahkan di wilayah Paris. Beberapa saat sebelum tengah malam di Avenue Pablo Picasso, Nanterre, kendaraan terbalik terbakar sementara kembang api dinyalakan di depan barisan polisi.

Polisi juga terlibat bentrokan dengan para pengunjuk rasa di kota Lille di bagian utara dan di Toulouse di bagian barat daya Prancis, serta terjadi kerusuhan di Amiens, Dijon, dan beberapa distrik lainnya di sekitar wilayah Paris, seperti yang diungkapkan oleh pihak berwenang.

Seorang petugas polisi sedang diselidiki atas tuduhan pembunuhan dengan sengaja karena menembak pemuda tersebut. Jaksa mengatakan bahwa remaja tersebut tidak mematuhi perintah untuk menghentikan mobilnya.

Beberapa kelompok HAM telah menuduh adanya rasisme sistemik di dalam lembaga penegak hukum di Prancis, meskipun tuduhan tersebut sebelumnya telah dibantah oleh Macron.(Kontan)

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas