Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

UPDATE Kecelakaan Kereta yang Tewaskan Ratusan Orang, Polisi Tangkap 3 Pria Pekerja Indian Railways

Polisi India telah menangkap tiga pria, terkait tabrakan tiga kereta yang menewaskan hampir 300 orang pada bulan lalu.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
zoom-in UPDATE Kecelakaan Kereta yang Tewaskan Ratusan Orang, Polisi Tangkap 3 Pria Pekerja Indian Railways
Punit PARANJPE/AFP
Pekerja kereta membantu memulihkan layanan di lokasi kecelakaan tabrakan tiga kereta di dekat Balasore, sekitar 200 km (125 mil) dari ibu kota negara bagian Bhubaneswar di negara bagian timur Odisha, pada 4 Juni 2023. Polisi India telah menangkap tiga pria, terkait tabrakan tiga kereta yang menewaskan hampir 300 orang pada bulan lalu. Punit PARANJPE/AFP 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI - Polisi India telah menangkap tiga pria, terkait tabrakan tiga kereta yang menewaskan hampir 300 orang pada bulan lalu.

Ini merupakan salah satu kecelakaan kereta api terburuk dalam sejarah negara itu.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (9/7/2023), kecelakaan kereta pada Juni lalu di negara bagian Odisha timur terjadi saat kereta penumpang yang penuh sesak dialihkan secara keliru ke jalur melingkar.

Hingga akhirnya menabrak kereta barang stasioner yang sarat dengan bijih besi.

Baca juga: Tabrakan kereta India: Lebih dari 280 orang tewas dan 850 orang luka-luka

Kompartemen yang tergelincir kemudian menabrak gerbong kereta cepat lainnya, Howrah Superfast Express dari Bengaluru, yang sedang melintas dari arah berlawanan.

"Akibat peristiwa naas ini, tiga karyawan kereta api telah didakwa dengan dakwaan pembunuhan yang dapat dipersalahkan dan penghancuran bukti dalam kasus yang diajukan terhadap mereka pada Kamis lalu," kata pernyataan dari Biro Investigasi Pusat.

BERITA TERKAIT

Pernyataan itu hanya mengidentifikasi tersangka sebagai dua insinyur persinyalan dan satu teknisi yang bekerja di Indian Railways, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Dua kereta penumpang membawa lebih dari 2.000 penumpang saat tabrakan terjadi.

Gerbong telah terbalik seluruhnya dan petugas penyelamat bergegas untuk menarik korban selamat yang terperangkap di reruntuhan yang hancur, dengan sejumlah mayat tergeletak di samping rel.

Para kerabat menghabiskan waktu berhari-hari menyisir harta benda dan melihat foto post-mortem dari mereka yang tewas dalam kecelakaan itu, untuk mengidentifikasi orang yang mereka cintai.

Setidaknya 850 lainnya terluka dalam tabrakan itu.

Baca juga: Pria di India Tinggal di Hotel Bintang Lima Tanpa Bayar Tagihan Selama 2 Tahun, Kini Diburu Polisi

Beberapa hari setelah kecelakaan tersebut, Menteri Perkeretaapian India Ashwini Vaishnaw mengatakan kecelakaan itu disebabkan oleh masalah persinyalan dan 'orang yang bertanggung jawab atas kecelakaan itu' kini telah diidentifikasi.

Kendati demikian, ia tidak memberikan rincian lebih lanjut pada saat itu, dengan mengatakan dirinya tidak ingin mendahului penyelidikan pemerintah terkait bencana tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas