Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Tuduh Inggris dan Amerika Terlibat dalam Serangan di Jembatan Krimea

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova menuduh Ukraina melakukan serangan di jembatan Krimea, Senin (17/7/2023).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
zoom-in Rusia Tuduh Inggris dan Amerika Terlibat dalam Serangan di Jembatan Krimea
Mikhail Metzel / SPUTNIK / AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin, diapit oleh Wakil Perdana Menteri Marat Khusnullin (kiri), mengunjungi Jembatan Selat Kerch, juga dikenal sebagai Jembatan Krimea pada 5 Desember 2022. Jembatan yang menghubungkan daratan Rusia dengan Semenanjung Krimea itu rusak akibat serangan pada 8 Oktober 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova menuduh Ukraina melakukan serangan di Jembatan Krimea, Rusia, Senin (17/7/2023).

Maria Zakharova juga menyebut, Inggris dan Amerika Serikat (AS) berada dibalik serangan tersebut.

"Serangan hari ini di jembatan Krimea dilakukan oleh rezim Kyiv," ucap Zakharova, seperti dikutip Al Jazeera.

"Keputusan dibuat oleh pejabat Ukraina dan militer dengan partisipasi langsung dari badan intelijen dan politisi Amerika dan Inggris."

"Amerika Serikat dan Inggris bertanggung jawab atas struktur negara teroris," tegasnya.

Namun Maria Zakharova tidak memberikan bukti atas klaim tersebut.

Baca juga: Ledakan di Jembatan Krimea Tewaskan 2 Orang Hari Ini, Rusia Salahkan Ukraina

Jembatan Krimea diserang drone

BERITA REKOMENDASI

Menurut media pemerintah, Komite Antiterorisme Nasional Rusia mengatakan, Ukraina menyerang jembatan Krimea menggunakan drone tak berawak (drone) di permukaan air.

Komite Investigasi Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan, "dinas khusus" Ukraina bertanggung jawab atas serangan itu dan telah membuka penyelidikan kriminal.

Pihak berwenang masih selidiki siapa pelaku ledakan Jembatan Krimea

Sebuah sumber dalam dinas intelijen Ukraina, SBU, mengatakan kepada BBC Rusia, mereka telah melakukan serangan bersama pasukan khusus angkatan laut.

Media Ukraina juga melaporkan sumber-sumber di dalam agensi itu telah mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut dalam briefing off the record.

Namun, informasi itu tidak dapat diverifikasi secara independen.

Sementara itu, juru bicara intelijen Ukraina, Andriy Yusov, tidak mengomentari penyebab insiden terbaru.

Baca juga: Rusia Perketat Pertahanan di Krimea, Zaporizhzhia, dan Perbatasan Ukraina

Orang-orang melihat asap hitam tebal membubung dari kebakaran di jembatan Kerch yang menghubungkan Krimea ke Rusia, setelah sebuah truk meledak, dekat Kerch, pada 8 Oktober 2022. - Moskow mengumumkan pada 8 Oktober 2022 bahwa sebuah truk meledak memicu kebakaran besar dan merusak jembatan kunci Kerch -- yang dibangun sebagai satu-satunya jalur darat Rusia dengan Krimea yang dicaplok -- dan berjanji akan menemukan pelakunya, tanpa segera menyalahkan Ukraina. (Photo by Roman DMITRIYEV / AFP)
Orang-orang melihat asap hitam tebal membubung dari kebakaran di jembatan Kerch yang menghubungkan Krimea ke Rusia, setelah sebuah truk meledak, dekat Kerch, pada 8 Oktober 2022. (Photo by Roman DMITRIYEV / AFP) (AFP/ROMAN DMITRIYEV)

Namun, dia menggambarkan jembatan itu sebagai struktur yang tidak perlu.

Dia juga mengatakan, setiap tantangan logistik yang dialami Rusia dapat membantu menciptakan potensi keuntungan bagi pasukan pertahanan Ukraina.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas