Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Yevgeny Prigozhin Muncul Pertama Kali di Belarusia, Sindir Kondisi Perang Rusia di Ukraina

Yevgeny Prigozhin muncul pertama kali di Belarusia bersama tentaranya dalam video Telegram sejak upaya kudeta Wagner yang dihentikan pada 24 Juni.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Yevgeny Prigozhin Muncul Pertama Kali di Belarusia, Sindir Kondisi Perang Rusia di Ukraina
Selebaran / TELEGRAM/ @concordgroup_official / AFP
Tangkapan video ini diambil dari rekaman selebaran yang diposting pada 24 Juni 2023 di akun Telegram layanan pers Concord. - Yevgeny Prigozhin muncul pertama kali setelah upaya kudeta Wagner. 

TRIBUNNEWS.COM - Bos perusahaan militer swasta Wagner, Yevgeny Prigozhin muncul pertama kali di publik setelah upaya kudeta terhadap Menteri Pertahanan Sergei Shoigu di Rusia dihentikan pada 24 Juni 2023 lalu.

Dalam sebuah video, terlihat Yevgeny Prigozhin berbicara dengan tentara Wagner di Belarusia pada Rabu (19/7/2023).

“Selamat datang di tanah Belarusia! Kami telah berjuang dengan bermartabat. Kami telah melakukan banyak hal untuk Rusia!” katanya, melalui saluran Telegram Wagner Orchestra, dikutip dari The Guardian.

Dalam sambutannya, Yevgeny Prigozhin melanjutkan kritiknya terhadap manajemen perang militer Rusia melawan Ukraina.

Ia mengatakan, pasukan Wagner tidak akan berperang di Ukraina untuk saat ini, dengan menyindir kondisi perang di garis depan.

“Apa yang terjadi di (garis) depan sekarang adalah hal yang memalukan, di mana kita tidak perlu berpartisipasi,” katanya.

Baca juga: Yevgeny Prigozhin Tolak Tawaran Putin agar Andrey Trochev Pimpin Wagner di Ukraina

Menurutnya, Wagner dapat kembali ke Ukraina ketika mereka yakin tidak akan dipaksa mempermalukan diri mereka sendiri.

BERITA TERKAIT

“Kami dapat kembali ke operasi militer khusus ketika kami merasa yakin bahwa kami tidak akan dipaksa untuk mempermalukan diri kami sendiri,” katanya.

“(Kami akan) menunggu saat ketika kami dapat membuktikan diri kami secara penuh,” tambahnya.

Pemimpin Wagner itu mengatakan para pejuangnya akan tetap berada di Belarus untuk beberapa waktu.

Wagner akan melatih tentara Belarusia untuk menjadi yang terkuat kedua di dunia.

"Selama waktu itu, kami akan menjadikan tentara Belarusia sebagai tentara terkuat kedua di dunia. Kami akan berlatih, menaikkan level kami, dan memulai perjalanan baru ke Afrika,” kata Yevgeny Prigozhin.

"Belarusia telah bertemu kami sebagai saudara,” kata Yevgeny Prigozhin.

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko berbicara dalam sebuah upacara penyerahan tanda pangkat sang jenderal kepada perwira tinggi di Istana Kemerdekaan di Minsk pada 27 Juni 2023. Pemimpin orang kuat Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan pada 27 Juni 2023 bahwa ketegangan berkepanjangan antara tentara Moskow dan kelompok tentara bayaran Wagner, yang melakukan pemberontakan di Rusia, salah urus.
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko berbicara dalam sebuah upacara penyerahan tanda pangkat sang jenderal kepada perwira tinggi di Istana Kemerdekaan di Minsk pada 27 Juni 2023. Pemimpin orang kuat Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan pada 27 Juni 2023 bahwa ketegangan berkepanjangan antara tentara Moskow dan kelompok tentara bayaran Wagner, yang melakukan pemberontakan di Rusia, salah urus. (Selebaran / Layanan pers kepresidenan Belarusia / AFP)

Baca juga: Vladimir Putin Sebut Kelompok Tentara Bayaran Wagner Sebenarnya Tak Pernah Ada

Pekan lalu, TV negara Belarusia menyiarkan video instruktur Wagner yang melatih pasukan pertahanan teritorial Belarusia.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas