Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ukraina Balas Serang Rusia, Rudal Storm Shadow yang Dipasok Inggris Hantam Gudang Senjata di Krimea

Serangan Ukraina ke Rusia itu kemungkinan menggunakan rudal Storm Shadow yang dipasok Inggris. Sebuah gudang amunisi di Krimea meledak kena serangan

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Ukraina Balas Serang Rusia, Rudal Storm Shadow yang Dipasok Inggris Hantam Gudang Senjata di Krimea
DAILYMAIL.CO.UK
BOLA API RAKSASA - Asap dan bola api raksasa muncul dari sebuah ledakan besar di pusat pelatihan militer Rusia di distrik Kirovske, Krimea. Dilaporkan ini menjadi serangan balasan dari pihak Ukraina menggunakan rudal Storm Shadow yang dipasok Inggris. Rusia sebelumnya melancarkan serangan belasan rudal ke wilayah Kota Odesa, Ukraina. 

Ukraina Balas Serang Rusia, Rudal Pasokan Inggris Hantam Gudang Senjata di Krimea, Balon Api Raksasa Menyembul

TRIBUNNEWS.COM - Ukraina dilaporkan melancarkan serangan balasan terhadap Rusia, Senin (24/7/2023).

Serangan ini diklaim sebagai balasan atas aksi bombardir Rusia di Kota Odesa, Ukraina.




Kota bersejarah itu dikabarkan mendapat serangan belasan rudal Rusia yang menghancurkan pelabuhan pengekspor biji-bijian dan sebuah katedral yang dilindungi UNECO.

Baca juga: Katedral Bersejarah Hancur Saat Belasan Rudal Rusia Bombardir Kota Odesa dalam Semalam

Serangan balasan Ukraina ini disebut menyasar gudang penyimpanan amunisi di bagian timur semenanjung Krimea, wilayah aneksasi Rusia.

Hantaman rudal balasan dari Ukraina dilaporkan menghasilkan ledakan besar dengan bola api raksasa yang menyembul dan terlihat dari jarak jauh.

Ledakan yang tak henti-hentinya terdengar dari jarak setidaknya 13 mil.

BERITA TERKAIT

Klaim pihak Ukraina melalui Crimean Wind, serangan di lokasi latihan militer itu membuat banyak jatuh korban jiwa dari pihak Rusia.

Tetapi kabar ini secara cepat dibantah oleh Pimpinan Krimea yang ditunjuk Moskow, Sergey Aksyonov.

Bola api raksasa tampak menyembul sesaat setelah serangan udara Ukraina menyasar sebuah kompleks latihan militer Rusia di distrik Kirovske, Krimea.
Bola api raksasa tampak menyembul sesaat setelah serangan udara Ukraina menyasar sebuah kompleks latihan militer Rusia di distrik Kirovske, Krimea. (Reuters/DailyMail)

Laporan lokal yang belum dikonfirmasi menyebut, ada tiga gelombang serangan udara di 'gudang' di zona pelatihan militer yang meledak kena hantam rudal tersebut.

Ledakan hebat memicu api secara cepat menyebar.

"Serangan itu kemungkinan menggunakan rudal Storm Shadow yang dipasok Inggris," tulis The Moscow Times dikutip dari DailyMail.

Bola api raksasa terlihat dari radius 13 mil saat serangan udara Ukraina menghantam sebuah pusat pelatihan militer Rusia di Krimea.
Bola api raksasa terlihat dari radius 13 mil saat serangan udara Ukraina menghantam sebuah pusat pelatihan militer Rusia di Krimea. (DailyMail)

Pernyataan Pihak Rusia

Atas serangan tersebut, pihak militer Rusia langsung menutup jalan Tol Tavrida utama - menghubungkan ke Jembatan Krimea yang dihantam serangan pada Senin oleh pesawat tak berawak Ukraina.

DailyMail melaporkan sekitar 2.250 orang dari empat permukiman di dekat tempat latihan militer Starokrymsky tersebut dievakuasi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas