Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Profil Kapal Olenegorsky Gornyak, Kapal Perang Rusia yang Cuma Miring Kena Hantam 450 Kilogram Bom

Hanya, ledakan besar tidak membuat kapal tenggelam, cuma miring ke kiri. Kapal perang Rusia ini dilaporkan segera beroperasi kembali

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Profil Kapal Olenegorsky Gornyak, Kapal Perang Rusia yang Cuma Miring Kena Hantam 450 Kilogram Bom
Tangkap Layar Getty
Kapal pendarat besar kelas Ropucha milik Rusia, Olenegorsky Gornyak berlayar melalui Selat Bosphorus dalam perjalanan ke Laut Hitam melewati Istanbul pada 9 Februari 2022. Kapal itu ditabrak oleh serangan drone Ukraina pada 4 Agustus 2023. 

Profil Kapal Olenegorsky Gornyak, Kapal Perang Rusia yang Cuma Miring Kena 450 Kilogram Bom di Drone

TRIBUNNEWS.COM - Kapal Perang Rusia, Olenegorsky Gornyak, dilaporkan telah diderek kembali ke pelabuhan setelah diserang bom yang dipasang di sebuah drone laut Ukraina di dekat pangkalan utama Armada Laut Hitam Rusia, Jumat (4/8/2023).

Merujuk pada rekaman geolokasi yang diunggah pada Jumat, sejumlah outlet media mengabarkan, Olenegorsky Gornyak diderek menggunakan tugboat dengan pengawalan kapal lain ke pelabuhan Novorossiysk di wilayah Krasnodar selatan Rusia.

Pelabuhan ini merupakan pangkalan angkatan laut utama dan pelabuhan pengekspor minyak di timur Krimea yang dianeksasi Rusia.

Baca juga: Kemarin Kapal Perang, Hari Ini Giliran Kapal Tanker Rusia Dihantam Drone Ukraina 

BAWA 450 KG PELEDAK - Tangkap layar Video yang diambil dari geladak drone tempur militer yang membawa 450 kg bahan peledak saat menyerang kapal Perang Olenegorsky Gornyak milik Rusia di Laut Hitam, Jumat (4/8/2023).
BAWA 450 KG PELEDAK - Tangkap layar Video yang diambil dari geladak drone tempur militer yang membawa 450 kg bahan peledak saat menyerang kapal Perang Olenegorsky Gornyak milik Rusia di Laut Hitam, Jumat (4/8/2023). (tangkap layar youtube)

Profil Kapal Olenegorsky Gornyak

Kapal Olenegorsky Gornyak berjenis kapal pendarat.

Situs britannica menjelaskan, kapal berjenis ini merupakan kapal angkatan laut yang dirancang khusus untuk mengangkut dan mengerahkan pasukan, kendaraan, dan perbekalan ke pantai asing untuk melakukan operasi militer ofensif (penyerangan).

Kapal pendarat dirancang untuk menurunkan pasukan militer tanpa menggunakan fasilitas dermaga atau berbagai crane dan lift yang diperlukan untuk menurunkan peralatan tempur, semisal tank.

BERITA TERKAIT

Kemampuan kapal jenis pendarat ini membuat pasukan amfibi bisa mendarat di lokasi mana pun di pantai asing yang memiliki pantai dengan kontur landai. 

Adapun Kapal Olenegorsky Gornyak memiliki berat 3.600 ton dengan panjang 360 kaki atau sekitar 109,7 meter.

Kapal ini bisa meluncurkan pasukan amfibi di dekat pantai dan dapat berlabuh serta membongkar muatan dengan cepat.

Pejabat pertahanan Inggris seperti dilaporkan Newsweek, menginformasikan kalau kapal itu secara rutin bertugas di sebagai bagian dari Armada Utara Rusia.

Namun, belakangan kapal ini menjadi bagian dari pasukan Armada Laut Hitam sejak dimulainya invasi besar-besaran Presiden Vladimir Putin ke Ukraina.

Kementerian Pertahanan Inggris (MOD) mengklaim, kerusakan Kapal Olenegorsky Gornyak akibat serangan bom Jumat pagi merupakan insiden kerusakan terparah yang dialami kapal angkatan laut Rusia sejak tenggelamnya kapal penjelajah Moskva pada 13 April 2022.

Karamnya Kapal Moskva saat itu disebut sebagai pukulan telak bagi pasukan Rusia di awal perang.

Kapal Cuma Miring Seusai Dihantam Bom 450 Kilogram

NYARIS KARAM - Cuplikan video viral yang bernarasi kapal Angkatan Laut Rusia terkena serangan drone laut Ukraina. Pada video tersebut, sebuah kapal angkatan laut, yang disebut sebagai miliki Rusia, tampak tenggelam sebagian dan ditarik sebuah tugboat.
NYARIS KARAM - Cuplikan video viral yang bernarasi kapal Angkatan Laut Rusia terkena serangan drone laut Ukraina. Pada video tersebut, sebuah kapal angkatan laut, yang disebut sebagai miliki Rusia, tampak tenggelam sebagian dan ditarik sebuah tugboat. (tangkap layar/Telegram)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas