Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korea Utara Ungkap Alasan Tentara AS yang Lintasi Perbatasan: Travis King Cari Perlindungan

Pyongyang mengklaim bahwa Travis King mencari perlindungan dari d"iskriminasi rasial dan penganiayaan tidak manusiawi di Angkatan Darat AS.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Korea Utara Ungkap Alasan Tentara AS yang Lintasi Perbatasan: Travis King Cari Perlindungan
Jung Yeon-je / AFP
Turis mengunjungi pusat wisata untuk tur Zona Demiliterisasi Korea (DMZ) yang membagi dua Korea di taman perdamaian Imjingak di kota perbatasan Paju pada 19 Juli 2023. Seorang tentara AS yang bertugas sekitar dua bulan di penjara Korea Selatan pada tuduhan penyerangan diyakini berada dalam tahanan Korea Utara pada 19 Juli, setelah melintasi perbatasan yang dijaga ketat tanpa izin, kata para pejabat. 

TRIBUNNEWS.COM - Korea Utara mengungkapkan alasan tentara Amerika Serikat (AS) yang melintasi perbatasan Pyongyang-Seoul bulan lalu.

Pyongyang mengklaim bahwa Travis King mencari perlindungan dari diskriminasi rasial dan penganiayaan tidak manusiawi di Angkatan Darat AS, lapor Al Jazeera.

Komentar Korea Utara diterbitkan oleh media pemerintah pada Rabu (16/8/2023).

Ini merupakan pernyataan publik pertama Pyongyang tentang Travis King.

Sebelumnya, tentara AS itu menyeberang dari Korea Selatan ke Korea Utara pada 18 Juli 2023 saat mengikuti tur wisata di Area Keamanan Bersama (JSA) yang memisahkan Seoul-Pyongyang.

Korea Utara mengatakan bahwa King mengaku melintasi perbatasan secara ilegal, dengan niat untuk tinggal di Korea Utara atau di negara ketiga.

Baca juga: Korea Utara: Tentara AS Akui Masuk Wilayah Secara Ilegal

"Selama penyelidikan, Travis King mengaku bahwa dia telah memutuskan untuk datang ke DPRK karena dia memendam perasaan buruk terhadap penganiayaan tidak manusiawi dan diskriminasi rasial di dalam Angkatan Darat AS," lapor kantor berita negara KCNA.

BERITA TERKAIT

Untuk dicatat, DPRK merupakan singkatan nama resmi Korea Utara.

"Dia juga menyatakan kesediaannya untuk mencari pengungsi di DPRK atau negara ketiga, dengan mengatakan bahwa dia kecewa dengan masyarakat Amerika yang tidak setara," imbuh laporan KCNA.

KCNA mengatakan pria berusia 23 tahun itu "di bawah kendali tentara Tentara Rakyat Korea" setelah penyeberangannya dan penyelidikan berlanjut.

Perbatasan antara kedua Korea dijaga ketat tetapi di JSA, perbatasan hanya ditandai oleh pembatas beton yang rendah dan relatif mudah untuk diseberangi, meskipun ada tentara di kedua sisi.

Baca juga: Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Kunjungi Pabrik Rudal Taktis

Travis King, tentara AS yang masuk secara ilegal ke Korea Utara, kini nasibnya tidak diketahui.
Travis King, tentara AS yang masuk secara ilegal ke Korea Utara, kini nasibnya tidak diketahui. (via Independent)

Tanggapan Amerika Serikat

Pejabat AS mengatakan mereka yakin King melintasi perbatasan dengan sengaja dan menolak untuk mengklasifikasikannya sebagai tawanan perang.

Pentagon mengatakan tidak dapat memverifikasi komentar King seperti yang dilaporkan oleh KCNA.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas