Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Para Ahli Peringatkan Varian Baru Covid-19 BA.6 Mungkin Sudah Ada di AS

Para ahli di Amerika Serikat (AS) menyerukan agar masyarakat kembali mengenakan masker karena kemunculan varian baru Covid-19.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Para Ahli Peringatkan Varian Baru Covid-19 BA.6 Mungkin Sudah Ada di AS
freepik.com
Ilustrasi Covid-19. - Para ahli di Amerika Serikat (AS) menyerukan agar masyarakat kembali mengenakan masker karena kemunculan varian baru Covid-19. 

TRIBUNNEWS.COM -  Para ahli di Amerika Serikat (AS) menyerukan agar masyarakat kembali mengenakan masker karena kemunculan varian baru Covid-19.

"Saya yakin itu sudah ada di sini," kata Dr Thomas Moore, seorang ahli penyakit menular di University of Kansas kepada Daily Mail.

"Jika belum sampai di sini, mungkin akan segera," ucapnya.




Dilansir Daily Mail, varian baru Virus Corona belum diberi nama resmi.

Sebagian komunitas ilmiah menyebutnya BA.6, lapor Mirror.

Secara resmi BA.6 terdeteksi di Israel dan Demark, tetapi beberapa ilmuwan percaya strain mutan itu telah muncul dalam tes yang dilakukan di AS.

Baca juga: Cium Dugaan Praktik Korupsi Dana Bantuan Penanggulangan Corona, Satgas Covid-19 Surati Jokowi

Beberapa ilmuwan Inggris — yang dikenal membuat prediksi suram di awal pandemi — sangat khawatir sehingga mereka menyarankan orang untuk memakai masker lagi.

BERITA TERKAIT

Para ahli juga sepakat bahwa varian baru tidak mungkin sepenuhnya membatalkan kekebalan virus corona selama bertahun-tahun yang dibangun selama pandemi.

Mereka mengatakan akan memakan waktu beberapa minggu dan setidaknya 50 kasus yang dikonfirmasi sebelum peneliti dapat memprediksi seberapa menular atau mematikan BA.6.

Kekhawatiran muncul atas strain baru karena membawa 30 mutasi baru, yang mungkin membuatnya lebih mampu menghindari kekebalan saat ini.

Amerika sekarang tidak menggunakan tes swab untuk menguji Covid-19.

Varian baru yang merupakan mutan dari strain Omicron telah memicu kekhawatiran di antara beberapa ilmuwan karena banyaknya mutasi pada protein lonjakan, bagian dari virus yang dirancang untuk menjadi target vaksin.

Baca juga: Status Virus Corona di Jepang Masuk Kategori 5, Dianggap Sama Seperti Sakit Flu Biasa

Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. - Para ahli di Amerika Serikat (AS) menyerukan agar masyarakat kembali mengenakan masker karena kemunculan varian baru Covid-19.(freepik.com)

Varian tersebut mungkin membuat vaksin menjadi kurang efektif.

Namun, belum ada data apakah jenis tersebut lebih mungkin menyebabkan rawat inap atau kematian dibandingkan varian sebelumnya.

Hampir setiap orang sekarang memiliki tingkat kekebalan terhadap Covid, dan virus telah berkembang menjadi lebih menular tetapi kurang mematikan, mengurangi risiko gelombang lain seperti yang terlihat pada fase awal pandemi.

Seorang ahli penyakit menular di University of East Anglia di Inggris, Dr Paul Hunter mengatakan: "Jika itu adalah infeksi yang akan mengalahkan yang lain, maka itu mungkin (terjadi) di AS - dan jika tidak sekarang, maka mungkin akan segera terjadi."

Dr Raj Rajnarayanan, dari New York Institute of Technology, menambahkan: "Belum teridentifikasi, tapi jika belum ada di sini sekarang, maka akan segera ada di sini!"

Dan Dr Aaron Glatt, seorang ahli epidemiologi dari Gunung Sinai di New York, mengatakan bahwa "Selalu mungkin varian tersebut telah tiba di AS."

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas