Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bos Wagner Dikubur Satu Liang Bersama Sosok Ini, Sunyinya Pemakaman Yevgeny Prigozhin

Jenazah Pimpinan Perusahaan Militer Swasta Wagner dimakamkan dalam upacara pemakaman tertutup

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Bos Wagner Dikubur Satu Liang Bersama Sosok Ini, Sunyinya Pemakaman Yevgeny Prigozhin
Olga MALTSEVA / AFP
Pemandangan menunjukkan makam ketua kelompok tentara bayaran swasta Wagner Yevgeny Prigozhin, yang tewas dalam kecelakaan jet pribadi di wilayah Tver pekan lalu, setelah pemakamannya di pemakaman Porokhovskoe di Saint Petersburg pada 29 Agustus 2023. 

Pemakaman Prigozhin Dilakukan Secara Tertutup, Bos Wagner Dikubur Satu Liang Bersama Sosok Ini

TRIBUNNEWS.COM - Pimpinan Grup Wagner Rusia, Yevgeny Prigozhin dilaporkan sudah dimakamkan di pemakaman Porokhovskoe di St. Petersburg, Selasa (29/8/2023).

Juru bicara keluarga Prigozhin mengumumkan upacara pemakaman diadakan secara tertutup, hanya dihadiri oleh kerabat dekat dan teman Prigozhin.

Sejumlah media melaporkan, pemakaman Prigozhin berlangsung jauh dari keriuhan.

Namun, pengamanan secara ketat dilakukan guna mencegah adanya 'kerusuhan' yang dikhawatirkan dilakukan oleh tentara bayaran Wagner.

Lokasi pasti makam kepala Grup Wagner ini belum dapat dikonfirmasi, namun juru bicara keluarga mengatakan semua orang dipersilakan untuk mengunjungi makam tersebut di area pekuburan tersebut.

Baca juga: Prigozhin Bakal Dimakamkan Secara Militer, Vladimir Putin Tak Akan Datang ke Penguburan Bos Wagner

Foto-foto prosesi pemakaman Prigozhin yang beredar online menunjukkan, mendiang bos Wagner itu dimakamkan dalam satu liang bersama ayahnya.

BERITA TERKAIT

Tampak sebuah salib kayu didirikan di kuburannya.

Foto-foto itu juga menunjukkan, bendera Rusia dan bendera perusahaan militer swasta dikibarkan di makam Prigozhin.

Prigozhin tewas bersama beberapa rekan terdekatnya, termasuk para pemimpin Grup Wagner, serta awak jet pribadinya, yang jatuh di Rusia pada Rabu lalu.

Penyebab insiden tersebut saat ini sedang diselidiki oleh Komite Investigasi Rusia, yang mengkonfirmasi identitas semua korban pada hari Minggu setelah tes DNA sesuai dengan manifes awak dan penumpang pesawat tersebut.

Baca juga: Jasad Gosong Prigozhin Terkonfirmasi, Wagner Ikut RVC Membelot Bela Ukraina atau Patuh Dekrit Putin?

Seorang anggota kelompok tentara bayaran swasta Wagner memberikan penghormatan kepada Yevgeny Prigozhin (kiri) dan Dmitry Utkin, sosok bayangan yang mengelola operasi Wagner dan diduga bertugas di intelijen militer Rusia, di peringatan darurat di depan kantor PMC Wagner di Novosibirsk, pada bulan Agustus 24 Agustus 2023.
Seorang anggota kelompok tentara bayaran swasta Wagner memberikan penghormatan kepada Yevgeny Prigozhin (kiri) dan Dmitry Utkin, sosok bayangan yang mengelola operasi Wagner dan diduga bertugas di intelijen militer Rusia, di peringatan darurat di depan kantor PMC Wagner di Novosibirsk, pada bulan Agustus 24 Agustus 2023. (VLADIMIR NIKOLAYEV / AFP)

Berawal dari Kedai Hot Dog

Prigozhin adalah seorang pengusaha sukses yang muncul sebagai tokoh utama dalam kancah bisnis St. Petersburg pasca-Soviet tahun 1990-an.

Prigozhin memulai bisnisnya dengan berjualan hot dog di kedai, sebelum menjadi pemilik restoran terkenal.

Koneksi dan keberuntungan membuat Prigozhin dapat kontrak besar negara pada awal tahun 2000an.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas