Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bos Wagner Yevgeny Prigozhin Dimakamkan secara Tertutup di St Petersburg

Bos Wagner Yevgeny Prigozhin dimakamkan secara tertutup di kampung halamannya di St. Petersburg, Rusia tanpa dihadiri Presiden Rusia Vladimir Putin.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Bos Wagner Yevgeny Prigozhin Dimakamkan secara Tertutup di St Petersburg
Olga MALTSEVA / AFP
Petugas polisi berdiri di dekat makam ketua kelompok tentara bayaran swasta Wagner Yevgeny Prigozhin, yang tewas dalam kecelakaan jet pribadi di wilayah Tver pekan lalu, setelah pemakamannya di pemakaman Porokhovskoe di Saint Petersburg pada 29 Agustus 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Bos Wagner, Yevgeny Prigozhin, dimakamkan di pemakaman Porokhovskoe di pinggir kampung halamannnya, Kota St Petersburg, Rusia pada Selasa (29/8/2023).

Pemakaman Yevgeny Prigozhin dilakukan secara rahasia, jauh dari sorotan media.

“Perpisahan dengan Yevgeny Viktorovich berlangsung dalam format tertutup. Mereka yang ingin mengucapkan selamat tinggal dapat mengunjungi pemakaman Porokhovskoe,” kata layanan pers Wagner dalam postingan singkat di Telegram, Selasa (29/8/2023).

Gambar yang dipublikasikan di media sosial menunjukkan batu nisan granit gelap Yevgeny Prigozhin dikelilingi lautan bunga, sebagian besar mawar merah.

Di samping namanya, terdapat puisi karya peraih Nobel kelahiran St Petersburg, Joseph Brodsky.

Sebelumnya pada Selasa (29/8/2023), Kremlin mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak berencana menghadiri pemakaman Yevgeny Prigozhin, seperti diberitakan Al Jazeera.

“Kehadiran presiden (di pemakaman Prigozhin) tidak diharapkan. Kami tidak memiliki informasi spesifik mengenai pemakaman tersebut,” kata juru bicara Putin, Dmitry Peskov.

Baca juga: Terungkap, Vladimir Putin Anugerahi Medali Rahasia Prigozhin Sebagai Karyawan Kremlin

BERITA TERKAIT

Yevgeny Prigozhin tewas ketika jet bisnisnya jatuh pekan lalu, dua bulan setelah ia melakukan pemberontakan yang gagal terhadap komandan militer Rusia di mana pasukan Wagnernya sempat menguasai kota selatan Rostov dan maju menuju Moskow.

Kerahasiaan menyelimuti pengaturan pemakaman bos tentara bayaran Wagner yang tewas dalam kecelakaan pesawat pada Rabu (23/8/2023), dua bulan setelah dia melancarkan pemberontakan terhadap Kementerian Pertahanan Rusia pada 23 Juni 2023.

Seluruh penumpang yang berjumlah 10 orang tewas akibat kecelakaan itu.

Tokoh penting Wagner lainnya, empat pengawal dan tiga awak juga tewas.

Masih belum jelas apa yang menyebabkan pesawat itu jatuh.

Namun, penduduk desa di dekat lokasi kejadian mengatakan kepada kantor berita Reuters, mereka mendengar ledakan dan kemudian melihat jet tersebut jatuh ke tanah.

Hasil Tes DNA Konfirmasi Kematian Yevgeny Prigozhin

Seorang anggota kelompok tentara bayaran swasta Wagner memberikan penghormatan kepada Yevgeny Prigozhin (kiri) dan Dmitry Utkin, sosok bayangan yang mengelola operasi Wagner dan diduga bertugas di intelijen militer Rusia, di peringatan darurat di depan kantor PMC Wagner di Novosibirsk, pada bulan Agustus 24 Agustus 2023.
Seorang anggota kelompok tentara bayaran swasta Wagner memberikan penghormatan kepada Yevgeny Prigozhin (kiri) dan Dmitry Utkin, sosok bayangan yang mengelola operasi Wagner dan diduga bertugas di intelijen militer Rusia, di peringatan darurat di depan kantor PMC Wagner di Novosibirsk, pada bulan Agustus 24 Agustus 2023. (VLADIMIR NIKOLAYEV / AFP)

Baca juga: Wagner Peringati Kematian Yevgeny Prigozhin di St Petersburg saat Rusia Membisu

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas