Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Data Sensitif Inggris Bobol, Hacker Sebut Informasi Penangkal Nuklir Didapatkan

Kelompok hacker yang diduga berkaitan dengan Rusia dikabarkan telah mendapatkan data-data sensitif mengenai instalasi pertahanan dan intelijen Inggris

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Data Sensitif Inggris Bobol, Hacker Sebut Informasi Penangkal Nuklir Didapatkan
freepik
Ilustrasi pembobolan data. Kelompok hacker yang diduga berkaitan dengan Rusia dikabarkan telah mendapatkan data-data sensitif mengenai instalasi pertahanan dan intelijen utama Inggris. 

TRIBUNNEWS.COM -- Kelompok hacker yang diduga berkaitan dengan Rusia dikabarkan telah mendapatkan data-data sensitif mengenai instalasi pertahanan dan intelijen utama Inggris.

Kelompok yang mengaku bernama LockBit memperoleh akses ke sistem komputer sebuah perusahaan bernama Zaun pada bulan Agustus 2023.

Media ternama Inggris, The Mirror melaporkan di antara dokumen yang dilaporkan menjadi domain publik adalah deskripsi peralatan perlindungan khusus yang dipasang di laboratorium pertahanan Porton Down.

Dalam laporannya, The Mirror menyebutkan kebocoran data yang dialami antara lain pesanan penjualan yang merinci barang-barang yang dibeli untuk Pangkalan Angkatan Laut Clyde, yang menampung alat penangkal nuklir Inggris.

Baca juga: Takut Diinvasi, Hacker Korea Utara Coba Curi Informasi Latihan Militer AS - Korea Selatan

Zaun membenarkan adanya “serangan siber yang canggih”, namun para peretas disebut tidak mendapatkan materi rahasia apa pun.

dalam laporan itu, pengaturan keamanan di kompleks komunikasi di Bude, pangkalan Royal Air Force Waddington, pusat peperangan elektronik Cawdor Barracks, dan sejumlah penjara dengan keamanan tinggi mungkin telah disusupi dengan cara yang sama.

Surat kabar tersebut mengutip anggota parlemen Partai Buruh Kevan Jones dari Commons Defense Select Committee yang memperingatkan bahwa kebocoran tersebut dapat menimbulkan konsekuensi serius.

BERITA REKOMENDASI

Rekannya dari Partai Konservatif, Tobias Ellwood, dengan cepat menuding Rusia.

The Mirror melaporkan bahwa kelompok peretas LockBit menjadi terkenal pada tahun 2020 dengan serangan ransomware, dan dianggap sebagai salah satu kelompok paling berbahaya yang beroperasi saat ini.

Salah satu anggotanya, warga negara Rusia Mikhail Matveev, masuk dalam daftar paling dicari FBI, dan beberapa warga Rusia lainnya ditahan di AS dan Kanada karena aktivitasnya, kata artikel itu.

Baca juga: Hacker Tawarkan Jasa Login Akun MyBCA, Nasabah Diminta Tidak Bagikan Data Pribadi

Polandia Siapkan Tentara Berani Mati Perang Dunia III?

Sebelumnya, kelompok hacker yang juga diduga terkait dengan Rusia dilaporkan telah meretas jaringan komputer akademi militer terbesar di Polandia, mengakses data sensitif mengenai pertahanan anggota NATO.

Peretasan “besar-besaran” di Universitas Studi Perang Warsawa (ASzWoj) terjadi pada 10 Juli, menjelang KTT NATO di Vilnius, Lituania, menurut laporan terbaru oleh outlet media online Polandia Onet. Para penyusup dunia maya, yang juga diduga terkait dengan Tiongkok, tidak hanya berhasil menyadap rahasia negara, tetapi juga mengenkripsi komputer akademi sedemikian rupa sehingga seluruh sistem mengalami gangguan.

“Efek serangan ini belum hilang, dan pegawai akademi tidak memiliki akses ke komputer dan email kantor mereka,” kata Onet dikutip Russia Today. Beberapa data yang hilang mungkin tidak dapat dipulihkan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas