Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

1.728 Personel Paspampres Dikerahkan Amankan KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta

Sebanyak 1.728 personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dikerahkan mengamankan jalannya Sidang KTT Ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in 1.728 Personel Paspampres Dikerahkan Amankan KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta
ISTANA KEPRESIDENAN/AGUS SUPARTO
Presiden Jokowi dan sejumlah menteri mengikuti Retreat Session KTT Ke-43 ASEAN yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023). Dalam perhelatan KTT Ke-43 ASEAN kali ini, tercatat sebanyak 22 negara akan hadir, yang terdiri atas 11 negara anggota ASEAN. Sebanyak 1.728 personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dikerahkan mengamankan jalannya Sidang KTT Ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta. ISTANA KEPRESIDENAN/AGUS SUPARTO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 1.728 personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dikerahkan mengamankan jalannya Sidang KTT Ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta.

Mereka membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan VVIP.

Satgas tersebut terdiri dari Subsatgas Pampri, Subsatgas Pamins, Subsatgas Matan, Subsatgas Walmor, dan Subsatgas Deteksi.




Salah satu tugas pokok Paspampres dalam Pengamanan VVIP KTT ASEAN yaitu pengamanan penyelamatan VVIP yang meliputi segala usaha, kegiatan dan pekerjaan yang terencana dan terarah, melindungi dan menyelamatkan jiwa VVIP dari ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang kemungkinan terjadi setiap saat.

"Pada kegiatan KTT Asean tersebut, Paspampres memiliki wilayah pengamanan ring 1, lalu pasukan kewilayahan berada di ring 2, dan ring 3. Bertujuan untuk memastikan keamanan dan kelancaran KTT ke-43 ASEAN Jakarta," kata keterangan resmi Puspen TNI dikutip Rabu (6/9/2023).

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sebelumnya mengerahkan 12.543 prajurit TNI untuk mengamankan KTT ASEAN ke-43 yang akan berlangsung di beberapa lokasi di Jakarta pada 5 sampai 7 September 2023.

Yudo mengatakan pasukan khusus dan penembak runduk atau sniper TNI juga dikerahkan dalam pengamanan tersebut.

BERITA TERKAIT

Namun demikian, ia enggan menjelaskan lebih rinci terkait hal tersebut.

Hal tersebut disampaikannya usai memimpin upacara apel gelar pasukan Pengamanan (Pam) KTT Ke-43 ASEAN SUMMIT Tahun 2023 di Monas, Jakarta Pusat pada Jumat (1/9/2023). 

"Segala daya upaya kita laksanakan semua. Termasuk pasukan khusus. Antisipasi terhadap gangguan keamanan. Saya kira tidak harus saya rinci di mana harus ditempatkan yang jelas itu semuanya merupakan alut kita, alat utama kita, semua kita kerahkan. Termasuk di antaranya pasukan khusus tadi," kata Yudo.

"Ya pasukan khusus komplit penembak runduk. Sudah satu kesatuannya itu," sambung dia.

Personel TNI AU bersiap melakukan pengamanan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/9/2023). Satgasud melakukan operasi pengamanan VVIP terhadap presiden, wakil presiden, dan tamu negara setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan yang hadir dalam KTT ke-43 ASEAN 2023 dengan mengerahkan pesawat tempur, angkut, heli dan pesawat intai untuk mengamankan langit Jakarta. PUSPEN TNI
Personel TNI AU bersiap melakukan pengamanan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/9/2023). Satgasud melakukan operasi pengamanan VVIP terhadap presiden, wakil presiden, dan tamu negara setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan yang hadir dalam KTT ke-43 ASEAN 2023 dengan mengerahkan pesawat tempur, angkut, heli dan pesawat intai untuk mengamankan langit Jakarta. PUSPEN TNI (PUSPEN TNI/)

Ia mengatakan operasi pengamanan tersebut dilakukan selama 9 hari mulai dari H-5 sampai H+2 acara.

Dengan demikian, kata dia, operasi pengamanan VVIP tersebut digelar sejak tanggal 1 sampai 9 September 2023.

Untuk itu, ia juga telah menugaskan Pangkogabwilhan I Laksmana Madya Erwin S Aldedharma selaku Panglima Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas