Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Daftar Pemimpin yang Hadir di KTT ASEAN 2023: AS Diwakili Kamala Haris, Thailand Absen

Inilah daftar pemimpin atau delegasi yang hadir di KTT ASEAN 2023 yang berlangsung pada 5-7 September 2023 di Jakarta, Indonesia.

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Daryono
zoom-in Daftar Pemimpin yang Hadir di KTT ASEAN 2023: AS Diwakili Kamala Haris, Thailand Absen
ISTANA KEPRESIDENAN/AGUS SUPARTO
Presiden Jokowi dan sejumlah menteri mengikuti Retreat Session KTT Ke-43 ASEAN yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023). Dalam perhelatan KTT Ke-43 ASEAN kali ini, tercatat sebanyak 22 negara akan hadir, yang terdiri atas 11 negara anggota ASEAN. Inilah daftar pemimpin atau delegasi yang hadir di KTT ASEAN 2023 yang berlangsung pada 5-7 September 2023 di Jakarta, Indonesia. ISTANA KEPRESIDENAN/AGUS SUPARTO 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah daftar pemimpin atau delegasi yang hadir di KTT ASEAN 2023 yang berlangsung pada 5-7 September 2023 di Jakarta, Indonesia.

Para delegasi yang hadir akan membahas berbagai isu di Asia Tenggara seperti krisis Myanmar, tensi antara Amerika Serikat vs Tiongkok, dan perselisihan di Laut Cina Selatan.

Diketahui, sebanyak 19 pimpinan telah hadir dalam acara KTT ASEAN 2023 ini lewat pantauan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (6/9/2023) pagi WIB.

Baca juga: PLN Kerahkan Ratusan Personil Amankan Pasokan Listrik di KTT ASEAN 2023




19 negara tersebut terdiri dari 10 negara anggota ASEAN, termasuk Timor Leste, yang akan diwakili oleh Perdana Menteri Xanana Gusmao.

Lalu ada sembilan negara mitra, yakni Korea Selatan, Jepang, India, China, Australia, Selandia Baru, Kanada, Rusia, Amerika Serikat (AS).

Acara tersebut juga dihadiri oleh dua negara undangan, yaitu Bangladesh, yang saat ini menjadi Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Kepualuan Cook, yang merupakan Ketua Pacific Island Forum (PIF).

Kali ini, presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden juga tidak akan hadir. Wakil Presiden, Kamala Harris akan menggantikan Joe Biden.

BERITA TERKAIT

Perdana Menteri Thailand yang baru terpilih Srettha Thavisin juga melewatkan KTT ASEAN 2023 sehingga mereka jadi satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang absen.

Sementara perdana Menteri India, Narendra Modi juga telah diundang ke KTT ASEAN 2023.

Narenda Modi akan bertemu dengan para pemimpin ASEAN untuk pertama kalinya sejak peningkatan Hubungan India-ASEAN melalui kemitraan strategis pada tahun 2022.

Presiden Jokowi dan sejumlah menteri mengikuti Retreat Session KTT Ke-43 ASEAN yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023). Dalam perhelatan KTT Ke-43 ASEAN kali ini, tercatat sebanyak  22 negara akan hadir, yang terdiri atas 11 negara anggota ASEAN. ISTANA KEPRESIDENAN/AGUS SUPARTO
Presiden Jokowi dan sejumlah menteri mengikuti Retreat Session KTT Ke-43 ASEAN yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023). Dalam perhelatan KTT Ke-43 ASEAN kali ini, tercatat sebanyak 22 negara akan hadir, yang terdiri atas 11 negara anggota ASEAN. ISTANA KEPRESIDENAN/AGUS SUPARTO (ISTANA KEPRESIDENAN/AGUS SUPARTO)

Beberapa Daftar Pimpinan yang Telah Hadir

Berdasarkan pantauan melalui YouTube Sekretariat Presiden, inilah daftar delegasi KTT ASEAN 2023 yang telah datang ke Indonesia.

- Perdana Menteri (PM) Kepulauan Cook, Mark Brown

- PM Timor Leste, Xanana Gusmao

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas