Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Para Pemimpin ASEAN Sepakat Mengganti Nama Sekretariat ASEAN Menjadi Markas Besar ASEAN

Menlu Retno Marsudi menuturkan, para pemimpin ASEAN bersepakat untuk mengganti nama Sekretariat ASEAN menjadi Markas Besar ASEAN (ASEAN Headquarters).

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Para Pemimpin ASEAN Sepakat Mengganti Nama Sekretariat ASEAN Menjadi Markas Besar ASEAN
ISTANA KEPRESIDENAN/AGUS SUPARTO
Presiden Jokowi dan sejumlah menteri mengikuti Retreat Session KTT Ke-43 ASEAN yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa (5/9/2023). Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi menuturkan, para pemimpin ASEAN bersepakat untuk mengganti nama Sekretariat ASEAN menjadi Markas Besar ASEAN (ASEAN Headquarters). ISTANA KEPRESIDENAN/AGUS SUPARTO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi menuturkan, para pemimpin ASEAN bersepakat untuk mengganti nama Sekretariat ASEAN menjadi Markas Besar ASEAN (ASEAN Headquarters).

Kesepakatan itu diambil usai pertemuan pleno dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta pada Selasa (5/9/2023).

Baca juga: KTT Ke-43 ASEAN Hasilkan 93 Proyek Kerja Sama Senilai Rp 583 Triliun




"Dan sejalan dengan prioritas ASEAN ini, para Pemimpin ASEAN memutuskan untuk mengubah nama ASEAN Secretariat (Sekretariat ASEAN) menjadi ASEAN Headquarters (Markas Besar ASEAN)," tutur Menlu Retno dalam konferensi persnya yang ditulis Rabu (6/9/2023).

Retno menuturkan, semua pemimpin ingin Sekretariat ASEAN diperkuat, karena itu disepakat mengganti nomenklatur tersebut.

"Karena sekali lagi para Leaders sepakat untuk memperkokoh Sekretariat ASEAN," tegas mantan Dubes RI untuk Belanda ini.

Mengutip website Seknas ASEAN, Sekretariat ASEAN adalah organ ASEAN yang berfungsi meningkatkan koordinasi antar badan ASEAN dan implementasi berbagai kegiatan dan proyek dalam kerangka kerja sama ASEAN.

BERITA TERKAIT

Sekretariat ASEAN dipimpin oleh Sekretaris Jenderal.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas