Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Vladimir Putin: Barat Gunakan Darah Yahudi di Zelensky Sebagai Pengalih Paham Nazi di Ukraina

Presiden Rusia, Vladimir Putin menyebut Barat menggunakan warisan Yahudi di darah Zelensky untuk mengalihkan perhatian dari Nazisme di Ukraina.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Vladimir Putin: Barat Gunakan Darah Yahudi di Zelensky Sebagai Pengalih Paham Nazi di Ukraina
tangkaplayar skynews
KOLASE - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia, Vladimir Putin. 

Vladimir Putin: Barat Gunakan Darah Yahudi di Zelensky Sebagai Pengalih Paham Nazi di Ukraina

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyinggung soal darah keturunan Yahudi yang mengalir di sosok presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky saat menjelaskan berkembangnya paham Nazi (Nazisme) di Ukraina.

Vladimir Putin mengatakan, menggunakan warisan Yahudi yang ada pada diri Volodymyr Zelensky untuk menutupi kesalahan kaum nasionalis Ukraina dalam Holocaust selama Perang Dunia II adalah hal yang menjijikkan.

Putin menambahkan,  para pengikut Stepan Bandera bertanggung jawab atas pembunuhan 1,5 juta orang Yahudi di era Perang Dunia II.

Baca juga: Video Rudal Rusia Hantam Pasar di Donetsk Ukraina, 16 Tewas Termasuk Seorang Bocah

Sebagai informasi, Stepan Andriyovych Bandera adalah seorang aktivis politik, pemimpin nasionalis Ukraina berhaluan Nazisme sekaligus pemimpin gerakan kemerdekaan di Ukraina.

“Saya pikir penting untuk mengulangi (pemahaman) kalau orang-orang Barat menempatkan di depan Ukraina modern seorang etnis Yahudi, seorang pria berlatar belakang Yahudi, dengan akar Yahudi (Zelensky). Dengan cara ini, menurut pendapat saya, menutupi dasar (paham) anti-manusia (Nazisme) di negara Ukraina saat ini,” kata Putin kepada jurnalis Pavel Zarubin dilansir Russia Today, Rabu (6/9/2023).

“Hal ini membuat seluruh situasi menjadi sangat menjijikkan, ketika seorang etnis Yahudi menutupi pemujaan terhadap Nazisme dan mereka yang melakukan Holocaust di Ukraina pada saat itu, (mereka) yang memusnahkan 1,5 juta orang,” tambah presiden Rusia tersebut.

BERITA TERKAIT

“Warga Israel pada umumnya telah mengetahui hal ini dengan baik. Lihat saja apa yang mereka katakan secara online,” kata Putin.

Ujaran Putin terlontar seusai menyelesaikan pertemuan dengan Komite 'Victory' – sebuah badan penasihat yang bertugas menangani pendidikan patriotik dan urusan veteran di Rusia.

Presiden Rusia mengemukakan masalah ini dalam percakapan dengan salah satu anggota komite.

Putin mengkritik kalau badan pemerintah di RUsia tidak berbuat cukup banyak untuk menyajikan fakta tentang kekejaman kolaborator Nazi di Ukraina dan negara-negara Baltik.

Dalam foto kumpulan yang didistribusikan oleh agen Sputnik ini, Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan Yevgeny Balitsky, kepala wilayah Zaporizhzhia Ukraina yang ditunjuk Moskow - yang dikendalikan oleh pasukan Rusia, di Moskow, pada 23 Agustus 2023.
Dalam foto kumpulan yang didistribusikan oleh agen Sputnik ini, Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan Yevgeny Balitsky, kepala wilayah Zaporizhzhia Ukraina yang ditunjuk Moskow - yang dikendalikan oleh pasukan Rusia, di Moskow, pada 23 Agustus 2023. (MIKHAIL KLIMENTYEV / POOL / AFP)

"Ketika Anda melihat dokumen arsip yang sebenarnya, darah di pembuluh darah Anda membeku, tidak mungkin untuk melihatnya tanpa air mata, dan ini perlu dikeluarkan dan diperlihatkan. Siapa yang dimuliakan oleh otoritas (Ukraina) saat ini? Kelompok anti-manusia ini menempatkan para pembunuh berdarah sebagai tumpuan, dan membawa spanduk dengan foto mereka saat mereka berbaris di jalan-jalan utama kota mereka,” kata Putin kepada komite tersebut.

"Militer Jerman dan SS “mendelegasikan” pembantaian orang-orang Yahudi kepada kaum nasionalis lokal dan anti-Semit, seperti OUN dan UPA pimpinan Stepan Bandera," kata presiden Rusia.

“Saya tidak yakin semua orang di Ukraina mengetahui hal ini. Jadi mari kita lakukan apa yang kita bisa di sini untuk menunjukkannya kepada mereka, oke?” kata Putin kepada komite.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas