Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bangun Militer Raksasa di Eropa, Presiden Polandia: Ukraina Mustahil Gabung NATO Saat Ini

Presiden Polandia menjelaskan, karena Pasal 5 perjanjian NATO, blok itu akan terlibat konflik di Ukraina dan perang melawan Rusia jika Kiev diterima

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Bangun Militer Raksasa di Eropa, Presiden Polandia: Ukraina Mustahil Gabung NATO Saat Ini
Wojtek RADWANSKI/AFP
Tentara Polandia ambil bagian dalam parade militer di Warsawa pada Hari Angkatan Darat Polandia, 15 Agustus 2023, untuk memperingati peringatan kemenangan tahun 1920 atas Soviet Rusia pada Pertempuran Warsawa selama Perang Polandia–Soviet. Wojtek RADWANSKI/AFP 

Bangun Militer Raksasa di Eropa, Presiden Polandia: Ukraina Mustahil Gabung NATO Saat Ini

TRIBUNNEWS.COM - Pintu NATO terbuka bagi Ukraina, namun Kiev tidak dapat bergabung dengan blok militer pimpinan Amerika Serikat tersebut selama konflik dengan Rusia terus berlanjut.

Hal itu dilontarkan Presiden Polandia, Andrzej Duda pada Forum Krynica di Polandia selatan, Rabu (13/9/2023).

Pada kesempatan itu, Duda mengenang pertemuannya dengan Presiden Ukraina, Vladimir Zelensky untuk membahas masa depan Kiev di NATO pada bulan-bulan sebelum pertemuan puncak NATO yang diadakan di Vilnius pada Juli 2023 silam.

Baca juga: Polandia Serius Bikin Rusia Mikir Dua Kali: Tak Cuma Borong 500 HIMARS, Bikin Pabriknya Sekalian

“Sejak awal, kami tentu sadar bahwa ini adalah persoalan yang sangat sulit. Secara khusus, hal ini sulit karena sedang terjadi perang dan kita semua sadar bahwa pengakuan langsung Ukraina sebagai anggota penuh NATO tidak mungkin dilakukan pada saat ini,” katanya, seperti dikutip oleh kantor berita PAP, Kamis (14/9/2023).

Pemimpin Polandia tersebut menjelaskan, karena Pasal 5 perjanjian NATO, blok tersebut akan terlibat dalam konflik di Ukraina dan berperang melawan Rusia jika Kiev diterima NATO sekarang. 

Pasal 5 butir perjanjian NATO itu menetapkan, serangan terhadap satu negara anggota akan memicu respons dari seluruh aliansi.

BERITA TERKAIT

“Jelas bahwa negara-negara NATO tidak akan menyetujui 'skenario' seperti itu saat KTT NATO (Juli silam) di ibu kota Lituania," tambahnya.

Menurut Duda, tujuan pertemuan puncak di Vilnius hanya “untuk membuka pintu NATO bagi Ukraina.

"…. sehingga Rusia tidak dapat menahan pintu ini dengan kakinya,” kata Andrzej Duda menjelaskan apa yang dibahas NATO soal Ukraina pada KTT Juli lalu.

Presiden Polandia enggan berspekulasi kapan tepatnya Kiev akan mampu melewati “pintu” ini, namun berjanji bahwa Warsawa akan mendukung tetangganya dalam perjalanan menuju keanggotaan NATO.

“Dengan segenap kekuatan kami,” kata Andrzej Duda meyakinkan Ukraina.

Tentara Polandia ambil bagian dalam parade militer di Warsawa pada 15 Agustus. Seorang politisi Rusia mengeluarkan peringatan ke Polandia di tengah ketegangan yang meningkat di perbatasannya dengan Belarus selama penampilan televisi negara Rusia baru-baru ini.
Tentara Polandia ambil bagian dalam parade militer di Warsawa pada 15 Agustus. Seorang politisi Rusia mengeluarkan peringatan ke Polandia di tengah ketegangan yang meningkat di perbatasannya dengan Belarus selama penampilan televisi negara Rusia baru-baru ini. (WOJTEK RADWANSKI/AFP Via Getty Images)

Polandia Bangun Militer Raksasa

Sementara itu, jika Ukraina memandang NATO adalah payung ideal untuk berlindung dari Rusia, maka Polandia yang sudah menjadi anggota pakta pertahanan itu memilih untuk menghabiskan sebagian besar pendapatan negara mereka untuk membangun militer yang besar.

Sebagai respons dari ancaman Rusia yang menginvasi Ukraina, Polandia dilaporkan membangun secara pesat kekuatan militernya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas