Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Vladimir Putin dan Kim Jong Un Saling Hadiahi Senapan, Simbol Transfer Senjata Rusia dan Korut?

Pertukaran hadiah berupa senapan antara Vladimir Putin dan Kim Jong Un itu menyimbolkan adanya kesepakatan transfer senjata antara Rusia dan Korut

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Vladimir Putin dan Kim Jong Un Saling Hadiahi Senapan, Simbol Transfer Senjata Rusia dan Korut?
Korea News Service via AP
Dalam foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara ini, Presiden Rusia Vladimir Putin, kiri, dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjabat tangan saat mereka bertemu di kosmodrom Vostochny di luar kota Tsiolkovsky, sekitar 200 kilometer (125 mil) dari kota Blagoveshchensk di wilayah Amur timur jauh, Rusia, Rabu, 13 September 2023. Jurnalis independen tidak diberi akses untuk meliput peristiwa yang digambarkan dalam gambar yang didistribusikan oleh pemerintah Korea Utara ini. Isi gambar ini adalah seperti yang disediakan dan tidak dapat diverifikasi secara independen. Tanda air berbahasa Korea pada gambar yang disediakan oleh sumber berbunyi: "KCNA" yang merupakan singkatan dari Korean Central News Agency. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP) 

Vladimir Putin dan Kim Jong Un Saling Hadiahi Senapan, Simbol Transfer Senjata Rusia dan Korut?

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saling menghadiahkan senapan setelah keduanya mengadakan pertemuan tingkat tinggi di Timur Jauh Rusia.

Pemimpin Rusia tersebut disebutkan berupaya memperkuat aliansi dengan para pemimpin negara garis keras lainnya yang dikucilkan oleh Barat.




Pertemuan Putin dan Kim Jong Un itu terjadi di tengah spekulasi kalau mereka akan menyetujui kesepakatan transfer senjata antara Rusia dan Korea Utara.

Baca juga: Pasukan Ukraina Jiplak Taktik Rusia Jadi Senjata Makan Tuan: Tank Tua Soviet Menjelma Bom Raksasa

"Putin memberi Kim senapan produksi Rusia “berkualitas terbaik,” kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov kepada wartawan, Kamis (14/9/2023).

Sebagai imbalannya, Vladimir Putin menerima senapan Korea Utara dari Kim Jong Un.

Putin juga memberi Kim sebuah sarung tangan dari pakaian luar angkasa.

BERITA TERKAIT

Vladimir Putin disebutkan “dengan rasa terima kasih” menerima undangan Kim Jong Un untuk mengunjungi Korea Utara.

Putin mengatakan kunjungan Kim ke Rusia, yang dimulai pada Selasa, akan berlangsung beberapa hari lagi.

Hubungan persahabatan antara kedua pemimpin ini terjadi ketika Rusia menghadapi isolasi dari Barat dan beberapa mitra tradisionalnya akibat perang besar-besaran di Ukraina.

Amerika Gerah

Pertukaran hadiah berupa senapan antara Vladimir Putin dan Kim Jong Un itu disebut-sebut menyimbolkan adanya kesepakatan transfer senjata antara Rusia dan Korea Utara.

Para pejabat dan pakar Amerika mengatakan Rusia tertarik membeli amunisi Korea Utara untuk digunakan di Ukraina, sebuah langkah yang Gedung Putih peringatkan akan mempunyai konsekuensi.

Adapun Rusia, diduga bersedia membantu Korea Utara untuk mengembangkan teknologi satelit dan kapal selam.

Dilansir BBC, AS memperingatkan bahwa bantuan apa pun yang diberikan Moskow kepada program satelit Pyongyang akan melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas