Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Eks Model Istri Gembong Narkoba Meksiko 'El Chapo' Dibebaskan Setelah Jalani Hukuman 3 Tahun

Pihak berwenang Amerika Serikat dikabarkan membebaskan Emma Coronel Aispuro, istri dari gembong narkoba Meksiko

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Eks Model Istri Gembong Narkoba Meksiko 'El Chapo' Dibebaskan Setelah Jalani Hukuman 3 Tahun
Univision
Emma Coronel 

TRIBUNNEWS.COM – Pihak berwenang Amerika Serikat dikabarkan membebaskan Emma Coronel Aispuro, istri dari gembong narkoba Meksiko, Meksiko Joaquín “El Chapo” Guzman.

Wanita kelahiran AS 34 tahun lalu tersebut dikabarkan telah dibebaskan pada Rabu kemarin setelah menghabiskan masa tahanannya di Los Angeles sejak 2021 lalu.

Emma divonis hukuman tiga tahun penjara pada tahun 2021.

Baca juga: Profil Ovidio Guzman, Putra Raja Narkoba El Chapo yang Penangkapannya Tewaskan 29 Orang

Ia mengaku bersalah atas tiga tuduhan membantu kartel narkoba Sinaloa, termasuk konspirasi untuk mencuci uang dan mendistribusikan obat-obatan terlarang serta terlibat dalam transaksi keuangan.

Istri El Chapo ini juga bertindak sebagai kurir antara Guzmán, yang memimpin kartel, dan anggota organisasi lainnya ketika dia ditahan di penjara Altiplano Meksiko setelah penangkapannya pada tahun 2014.

Ia mengaku membantu menjalankan kartel narkoba Meksiko dalam kesepakatan pembelaan di AS

Hakim yang menjatuhkan hukuman mengatakan Coronel dengan cepat menerima tanggung jawab dan setuju untuk menyerahkan hampir 1,5 juta dolar AS hasil kegiatan kriminalnya kepada pemerintah AS, dan hukuman tiga tahunnya kemudian dikurangi.

BERITA REKOMENDASI

Biro Penjara mengatakan di situs webnya bahwa mereka akan membebaskan Coronel pada hari Rabu dari penjara dengan keamanan rendah di Los Angeles, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Sementara itu, Guzmán menjalani hukuman seumur hidup di AS setelah diekstradisi ke sana pada tahun 2017 setelah dua kali melarikan diri dari penjara dengan keamanan maksimum di Meksiko, salah satunya dengan menggali terowongan sepanjang satu mil dari selnya.

Baca juga: Profil Ovidio Guzman, Putra Raja Narkoba El Chapo yang Penangkapannya Tewaskan 29 Orang

Pengacara Coronel tidak segera menanggapi permintaan komentar. Tidak jelas apakah dia menghadapi dakwaan atas perdagangan narkoba atau kejahatan lain di Meksiko.

Coronel juga diberi waktu dua tahun lagi untuk dibebaskan dengan pengawasan.

Coronel memiliki dua anak perempuan dengan Guzmán, yang dia temui ketika dia masih menjadi ratu kecantikan muda dan dinikahinya pada tahun 2007 pada usia 18 tahun.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas