Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lokakarya Italia-IRENA Action for Climate Toolkit Digelar di Jakarta, Bahas Isu Perubahan Iklim

Kedutaan Italia, Uni Eropa, dan Organisasi Pemuda Selenggarakan Lokakarya Perdana Program I-ACT bagi Para Pemimpin Muda di Indonesia

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Lokakarya Italia-IRENA Action for Climate Toolkit Digelar di Jakarta, Bahas Isu Perubahan Iklim
HandOut/IST
Lokakarya Italia-IRENA Action for Climate Toolkit (I-ACT) yang berlangsung pada 15-16 September 2023 di Istituto Italiano di Cultura di Jakarta didukung Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia sebagai bagian dari Pekan Diplomasi Hijau 2023. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kedutaan Besar Italia di Jakarta menyelenggarakan lokakarya “Italia-IRENA Action for Climate Toolkit (I-ACT)”.

Lokakarya yang berlangsung pada 15-16 September 2023 di Istituto Italiano di Cultura di Jakarta ini didukung Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia sebagai bagian dari Pekan Diplomasi Hijau 2023.

Dilaporkan, lokakarya ini menggandeng Youth for Energy Southeast Asia (Y4E-SEA) dan Society of Renewable Energy (SRE) dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang pemuda Indonesia.

Para peserta program ini nantinya diharapkan dapat memahami dan mengambil tindakan dalam isu energi-iklim, dan untuk membina jaringan global para pejuang iklim.

Baca juga: Hadapi Perubahan Iklim, Presiden Jokowi Ajak Semua Pihak Rehabilitasi Hutan

Lima di antara peserta tersebut berasal dari Malang, Ngawi, Makassar, Balikpapan, dan Bali yang mendapat bantuan dana dari Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia.

Peluncuran resmi I-ACT sendiri telah berlangsung pada tanggal 18 Desember 2022, di kantor pusat Kementerian Luar Negeri dan Kerja sama Internasional Italia (MAECI) di Roma, dalam bagian dari inisiatif “Global Days” yang dipromosikan oleh Direktorat Jenderal Urusan Global (DGMO) dari MAECI.

Acara tersebut didedikasikan untuk Piero Angela, seorang jurnalis dan komunikator sains ternama asal Italia, yang kecintaannya terhadap pengetahuan, sains, dan inovasi telah menginspirasi generasi-generasi masyarakat Italia, khususnya generasi muda.

BERITA REKOMENDASI

Program I-ACT terdiri dari pelatihan bagi pelatih tahap pertama secara daring yang disampaikan oleh para ahli IRENA kepada Peer Educator terpilih dari berbagai negara.

Dari Indonesia ada Amira Bilqis yang juga merupakan co-founder Y4E-SEA.

Peer Educator kemudian mengadakan lokakarya secara luring di negaranya masing-masing untuk menyasar lebih banyak peserta muda yang tertarik untuk belajar lebih dalam tentang isu keterkaitan energi-iklim dan bagaimana mengambil tindakan nyata dalam mengatasinya.

Ketika berbicara kepada generasi muda peserta lokakarya I-ACT, Minister Counsellor, Chargé d’Affaires a.i dari Delegasi UE untuk Indonesia, Stéphane Mechati mengatakan, komitmen adalah kunci untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau.

"Kita membutuhkan generasi muda sebagai pembuat transisi, dan penggerak perubahan. Terlibatlah dalam percakapan dengan keluarga dari berbagai generasi, dengan tetangga, teman, bahkan dengan orang-orang di kedai kopi tentang pentingnya transisi energi dan aksi dalam isu iklim. Manfaatkan setiap kesempatan untuk membicarakan praktik berkelanjutan," kata dia dikutip, Kamis (21/9/2023).

Dia mengajak para peserta lokakarya itu untuk mendiskusikan tantangan dan membawakan ide-ide baru untuk perubahan.

"Advokasi tindakan kolektif atau individu, baik itu penghematan energi, efisiensi, atau penggunaan transportasi umum. Jadilah pembawa inspirasi dan berbicaralah dengan harapan penuh tentang isu ini. Transisi energi membawa peluang lain untuk pekerjaan ramah lingkungan dan jalur karier baru. Perkuat suara Anda di media sosial dan wujudkan peran sebagai warga negara yang bertanggung jawab, dan berkontribusilah terhadap masa depan yang lebih hijau,” kata Stéphane Mechati.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas