Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Matteo Messina Denaro, Bos Mafia Sisilia Meninggal Dunia akibat Kanker Usus

Bos mafia sisilia, Matteo Messina Denaro meninggal dunia pada Minggu (25/9/2023), malam.

Penulis: Farrah Putri Affifah
Editor: Daryono
zoom-in Matteo Messina Denaro, Bos Mafia Sisilia Meninggal Dunia akibat Kanker Usus
Handout / ITALIAN CARABINIERI PRESS OFFICE / AFP
Foto terakhir bos mafia paling dicari di Italia, Matteo Messina Denaro di Palermo, setelah penangkapannya pada 16 Januari 2023 (Handout / ITALIAN CARABINIERI PRESS OFFICE / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Bos mafia sisilia, Italia, Matteo Messina Denaro meninggal dunia pada Minggu (25/9/2023), malam.

Mengutip dari Al Jazeera, Matteo Messina Denaro meninggal dunia di Rumah Sakit L'Aquilla di Italia Tengah, tempat ia dirawat karena kanker usus besar.

Saat penangkapannya pada bulan Januari 2023, Matteo Messina Denaro sedang mencari pengobatan untuk kanker usus besar.

Dia awalnya ditahan di penjara dengan keamanan maksimum tetapi dipindahkan ke Rumah Sakit L'Aquila dalam beberapa minggu terakhir ketika kondisinya memburuk.

Sebagai informasi, Messina Denaro ditangkap di sebuah klinik kesehatan swasta di Palermo pada bulan Januari lalu.

Menurut catatan medis yang bocor ke media Italia, ia menjalani operasi kanker usus besar pada tahun 2020 dan 2022 dengan nama palsu.

Tangkapan video selebaran ini diambil dan dirilis oleh Kantor Pers Carabinieri Italia pada 16 Januari 2023 menunjukkan penangkapan oleh Carabinieri terhadap bos mafia paling dicari di Italia, Matteo Messina Denaro di Palermo, di negara asalnya Sisilia setelah 30 tahun dalam pelarian. - Polisi anti-mafia Italia menangkap ayah baptis Sisilia Matteo Messina Denaro pada 16 Januari 2023, mengakhiri perburuan buronan paling dicari di Italia selama 30 tahun. Mafia itu ditangkap di dalam sebuah fasilitas kesehatan di Palermo, tempat dia pergi untuk perawatan, kata komandan operasi khusus Pasquale Angelosanto dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh polisi. (Photo by Handout / ITALIAN CARABINIERI PRESS OFFICE / AFP)
Tangkapan video selebaran ini diambil dan dirilis oleh Kantor Pers Carabinieri Italia pada 16 Januari 2023 menunjukkan penangkapan oleh Carabinieri terhadap bos mafia paling dicari di Italia, Matteo Messina Denaro di Palermo, di negara asalnya Sisilia setelah 30 tahun dalam pelarian. - Polisi anti-mafia Italia menangkap ayah baptis Sisilia Matteo Messina Denaro pada 16 Januari 2023, mengakhiri perburuan buronan paling dicari di Italia selama 30 tahun. Mafia itu ditangkap di dalam sebuah fasilitas kesehatan di Palermo, tempat dia pergi untuk perawatan, kata komandan operasi khusus Pasquale Angelosanto dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh polisi. (Photo by Handout / ITALIAN CARABINIERI PRESS OFFICE / AFP) (AFP/HANDOUT)

Baca juga: Bos Mafia Italia, Matteo Messina Denaro Ditangkap di Klinik Medis setelah Jadi Buron 30 Tahun

Mengutip dari CNN, Messina Denoaro telah menjadi buronan sejak tahun 1993 dan dianggap oleh Europol sebagai salah satu orang paling dicari di Eropa.

BERITA REKOMENDASI

Messina Denaro merupakan putra seorang mafiso yang lahir di kota Castelvetrano, Sisilia Barat Daya.

Dia mengikuti ayahnya ke dalam gerombolan dan pada usia 15 tahun dan sudah membawa senjata.

Polisi mengatakan Messina Denaro melakukan pembunuhan pertamanya ketika dia berusia 18 tahun.

Telah menjadi buronan selama hampir 30 tahun, dia adalah buronan terlama di Cosa Nostra.

Messina Denaro dijatuhi beberapa hukuman seumur hidup atas banyak kejahatannya.

Terutama pada tahun 1992 atas keterlibatannya dalam pembunuhan jaksa anti-Mafia Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino.

Dia menerima hukuman seumur hidup terakhirnya pada tahun 2020 atas pemboman fatal di Milan, Florence dan Roma pada akhir tahun 1990-an dan atas pembunuhan.

Sebelum meninggal, kasus pembunuhan Falcone dan Borsellino, dan pembunuhan Giuseppe Di Matteo yang berusia 11 tahun sedang dalam proses dibawa ke pengadilan yang lebih tinggi .

Dijuluki oleh pers Italia sebagai 'Godfather terakhir', Messina Denaro sendiri pernah mengaku telah membunuh cukup banyak orang hingga memenuhi kuburan.

Dia bersembunyi pada tahun 1993 ketika semakin banyak pengkhianat yang mulai memberikan rincian tentang perannya dalam gerombolan tersebut, namun para penyelidik yakin dia jarang pergi jauh dari Sisilia.

(Tribunnews.com/Farrah Putri)

Artikel Lain Terkait Matteo Messina Denaro

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas