Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Eks Presiden Rusia: NATO Berubah Jadi Blok Fasis Mirip Blok Axis Hitler

Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengatakan NATO berubah menjadi blok fasis mirip blok Axis Adolf Hitler, namun lebih besar dari itu.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Eks Presiden Rusia: NATO Berubah Jadi Blok Fasis Mirip Blok Axis Hitler
Sergei KARPUKHIN / SPUTNIK / AFP
Mantan pemimpin Rusia Dmitry Medvedev, sekutu Presiden Putin yang kini menjadi wakil ketua dewan keamanan negara itu, terlihat sebelum pertemuan para pemimpin Rusia dan Tiongkok serta anggota kedua delegasi di Kremlin di Moskow pada 21 Maret 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Mantan Presiden Rusia, Dmitry Medvedev, berpendapat negara Barat mendorong dunia lebih dekat ke konflik global yang belum pernah terjadi sejak Perang Dunia II.

Menurutnya, hal ini dapat terjadi karena Barat memasok senjata yang lebih berat ke Ukraina dan merayakan Nazisme di parlemen Kanada.

Dmitry Medvedev bereaksi terhadap laporan kedatangan tank tempur M1 Abrams buatan AS di Ukraina dan skandal Ketua DPR Kanada yang menyambut veteran Nazi Ukraina saat kunjungan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky pada Jumat (22/9/2023).

Mantan Presiden Rusia itu mengecam skandal itu, yang memicu kemarahan di Polandia, Rusia, dan komunitas Yahudi, dan menyebutnya sebagai "persaudaraan dengan Nazi.”

“Sepertinya Rusia tidak mempunyai pilihan lain selain konflik langsung dengan NATO,” katanya, Rabu (27/9/2023).

Ia juga menyoroti laporan AS telah menjanjikan Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat (ATACMS) jarak jauh ke Ukraina.

"NATO telah berubah menjadi blok fasis yang mirip dengan "Poros (Axis)" Hitler, hanya saja lebih besar,” klaim Dmitry Medvedev, dikutip dari RT.

Baca juga: Eks Presiden Rusia Medvedev: Perang di Ukraina Bisa Cepat Selesai jika NATO Tak Pasok Senjata

BERITA REKOMENDASI

Ia menambahkan Rusia siap menghadapinya jika perlu.

“Akibatnya adalah kerugian yang jauh lebih besar bagi umat manusia dibandingkan tahun 1945,” kata Dmitry Medvedev memperingatkan.

Mantan Presiden Rusia itu mengambil sikap keras terhadap hubungan Rusia dengan Barat di tengah konflik antara Rusia dan Ukraina.

Mantan pemimpin Rusia Dmitry Medvedev, sekutu Presiden Putin yang kini menjadi wakil ketua dewan keamanan negara itu, bertemu dengan anggota staf selama kunjungannya ke perusahaan industri militer NPO Mashinostroyenia di Reutov, di luar Moskow, pada 25 April 2023.
Mantan pemimpin Rusia Dmitry Medvedev, sekutu Presiden Putin yang kini menjadi wakil ketua dewan keamanan negara itu, bertemu dengan anggota staf selama kunjungannya ke perusahaan industri militer NPO Mashinostroyenia di Reutov, di luar Moskow, pada 25 April 2023. (Yekaterina SHTUKINA /SPUTNIK/AFP)

Baca juga: Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev: Nasib Zelenskyy akan Berakhir Sama Seperti Hitler

Pada September 2023, Dmitry Medvedev menyarankan penangguhan hubungan diplomatik dengan UE.

Hal itu menyusul keputusan UE yang melarang warga negara Rusia membawa mobil pribadi dan ponsel pintar ke wilayahnya, dengan alasan potensi pelanggaran sanksi.

Dia sebelumnya mengecam negara-negara Barat pendukung Ukraina sebagai koalisi “pro-Nazi” dan berulang kali memperingatkan tentang potensi konfrontasi langsung antara Rusia dan NATO.

Dmitry Medvedev Tuduh Pendukung Ukraina sebagai Budak Nazi

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri Dmitry Medvedev bertemu dengan anggota pemerintah di Moskow pada 15 Januari 2020. Pemerintah Rusia mengundurkan diri pada hari Rabu setelah Presiden Vladimir Putin mengusulkan serangkaian reformasi konstitusi, lapor kantor berita Rusia. Perdana Menteri Dmitry Medvedev mengatakan proposal tersebut akan membuat perubahan signifikan pada keseimbangan kekuatan negara sehingga
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri Dmitry Medvedev bertemu dengan anggota pemerintah di Moskow pada 15 Januari 2020. (Dmitry ASTAKHOV / SPUTNIK / AFP)

Baca juga: Dmitry Medvedev: Rusia akan Cegah Ukraina Gabung NATO, Perang akan Berlangsung Lama

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas