Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Balas Hillary Clinton yang Ejek Putin, Ingatkan Soal Insiden Tombol Reset yang Malu-maluin AS

Kremlin masih memajang tombol itu di museum Kementerian Luar Negeri, bukan sebagai suvenir persahabatan AS-Rusia, melainkan simbol kebodohan Amerika

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Rusia Balas Hillary Clinton yang Ejek Putin, Ingatkan Soal Insiden Tombol Reset yang Malu-maluin AS
skynews/HO
Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, mendapat balasan menohok dari Moskow seusai mengejek Presiden Rusia, Vladimir Putin. 

Rusia Balas Hillary Clinton yang Olok-olok Vladimir Putin, Ingatkan Soal Insiden Memalukan 'Tombol Reset'

TRIBUNNEWS.COM - Hillary Clinton menjadi sasaran balasan Rusia atas kritik berbau olok-olok yang dilontarkan mantan ibu negara Amerika Serikat tersebut ke Presiden Rusia, Vladimir Putin

Diketahui, Hillary Clinton, yang juga mantan menteri luar negeri AS itu, Selasa (26/9/2023) kemarin mengejek Vladimir Putin karena kekhawatirannya terhadap ekspansi NATO.

Ekspansi NATO, yang ditentang keras oleh Moskow. memang menjadi concern terbesar Vladimir Putin yang menilai akan mengancam keamanan nasional Rusia.

Baca juga: AS Diminta Tak Usah Sok Ngajarin Ukraina Perang Lawan Rusia, Standar Tempur NATO Cuma Propaganda

Kekhawatiran Putin ini dianggap berlebihan, diolok-olok oleh Hillary sebagai hal yang justru menyebabkan NATO kian bersiap melindungi negara-negara anggotanya lantaran aksi Putin menginvasi Ukraina sebagai langkah preventif.

“Mempertahankan demokrasi di Ukraina, perluasan NATO – hanya sebagai tambahan, sayang sekali Vladimir, Anda sendiri yang melakukannya,” katanya di Departemen Luar Negeri, yang memicu tawa dan tepuk tangan.

Clinton melontarkan ejekannya ke Putin saat berada di Kantor Departemen Luar Negeri di mana dia memperlihatkan potret resminya dan berbicara kepada para pejabat dan mantan pejabat di Ruang Makan Negara Bagian Benjamin Franklin yang penuh hiasan.

BERITA REKOMENDASI

“Kami selalu mengatakan, ‘masyarakat tidak dipaksa untuk bergabung dengan NATO. Masyarakat memilih dan ingin bergabung dengan NATO,’” tambahnya.

Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, mendapat balasan menohok
Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, mendapat balasan menohok dari Moskow seusai mengejek Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Balasan Menohok Kremlin, Tombol Reset Simbol Kebodohan AS

Sebagai tanggapan, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan Hillary Clinton dikenal di Rusia karena upayanya untuk membalikkan situasi.

Hal itu merujuk pada upaya AS menormalisasi hubungannya dengan Rusia pada 2009 silam di bawah kepemimpinan Barack Obama.

Dari momen itu, Kremlin mengingatkan kembali Hillary Clinton pada insiden 'tombol reset'.

Sebagai informasi, sebagai tanda simbolis normalisasi hubungan kedua negara yang tegang di pemerintahan George Bush, Hillary Clinton yang saat itu menjabat sebagai Menteri Luar Negeri AS memberikan kado berupa 'tombol reset' (berbentuk tombol merah mirip tombol emergensi darurat) ke Menteri Luar Negeri Rusia saat itu, Sergey Lavrov dalam sebuah pertemuan.

Hillary Clinton tersenyum kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov
Hillary Clinton tersenyum kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov setelah memberinya sebuah perangkat dengan kenop merah selama pertemuan mereka di Jenewa pada hari Jumat (3/6/2009).

Hanya, ada kesalahan teknis dari niat baik yang terwujud dalam tombol merah itu.

Pada saat itu, Sergei Lavrov mengatakan kepada Hillary kalau kata Rusia yang digunakan AS tidak benar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas