Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Konflik Menyebar, Hizbullah dan Hamas Keroyok Israel

Kelompok Hizbullah ikut membuat keruh situasi di wilayah utara Israel setelah melakukan penyerangan terhadap Israel.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Konflik Menyebar, Hizbullah dan Hamas Keroyok Israel
AFP/JALAA MAREY
Tentara Israel bersenjatakan meriam artileri menjaga posisi mereka di lokasi yang dirahasiakan di Israel utara yang berbatasan dengan Lebanon pada 8 Oktober 2023. Pertempuran antara pasukan Israel dan kelompok militan Palestina Hamas berkecamuk pada 8 Oktober, dengan ratusan orang tewas di kedua belah pihak setelah serangan mendadak di Israel mendorong Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk memperingatkan bahwa mereka "memulai perang yang panjang dan sulit". (JALAA MAREY / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM -- Kelompok Hizbullah ikut membuat keruh situasi di wilayah utara Israel setelah melakukan penyerangan terhadap Israel.

Israel telah melakukan baku tembak dengan kelompok bersenjata Hizbullah di Lebanon, meningkatkan kemungkinan konflik regional yang lebih luas pada hari Minggu.

Dikutip Al Jazeera, kini negara zionis tersebut menghadapi dua kelompok pejuang Islam.

Baca juga: Eks Presiden Rusia Salahkan AS soal Eskalasi Militer Israel vs Hamas Palestina

Sehari setelah serangan mendadak yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel selatan oleh Hamas yang menewaskan sedikitnya 250 warga Israel.

Lebih dari 300 warga Palestina tewas dalam pemboman Israel di daerah kantong Gaza yang terkepung setelah serangan besar-besaran Hamas yang mengejutkan Israel.

Daerah kantong Palestina secara efektif berada di bawah blokade darat, laut dan udara Israel sejak tahun 2007.

Hamas dan faksi-faksi Palestina lainnya menyerukan agar blokade diakhiri dan mengorganisir protes di pagar yang memisahkan wilayah tersebut dari Israel.

BERITA TERKAIT

Hizbullah, kelompok bersenjata kuat yang didukung oleh Iran, mengatakan mereka telah meluncurkan roket dan artileri berpemandu ke tiga pos di Shebaa Farms “sebagai solidaritas” dengan rakyat Palestina.

Peternakan Shebaa, yang diklaim oleh Lebanon, direbut oleh Israel dalam Perang Enam Hari tahun 1967.

“Dalam perjalanan untuk membebaskan sisa tanah Lebanon yang kami duduki dan dalam solidaritas dengan perlawanan Palestina yang menang dan rakyat Palestina yang teguh, kelompok komandan syahid Haji Imad Moghniyeh di Perlawanan Islam melakukan serangan pada hari Minggu ini, 8 Oktober 2023, menargetkan 3 lokasi pendudukan Zionis di wilayah Peternakan Shebaa Lebanon yang diduduki,” kata Hizbullah dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Update Perang Israel-Hamas: Kantor Hamas di Menara 14 Lantai Hancur Digempur Jet Tempur Zionis

Militer Israel mengatakan pada hari Minggu bahwa pihaknya menembakkan artileri ke wilayah Lebanon dari mana tembakan mortir lintas batas diluncurkan. Militer Israel mengatakan salah satu drone miliknya menyerang pos Hizbullah di kawasan Har Dov, sebuah kawasan di Shebaa Farms.

Israel mengatakan pasukannya “sekarang menyerang dengan tembakan artileri ke wilayah di Lebanon tempat penembakan dilakukan beberapa menit lalu ke wilayah Israel”.

Pasukan Israel mengatakan mereka “siap menghadapi semua skenario, dan akan terus melindungi keamanan penduduk Negara Israel”.

Tel Aviv telah menguasai Peternakan Shebaa, sebidang tanah seluas 39 km persegi (15 mil persegi), sejak tahun 1967. Baik Suriah maupun Lebanon mengklaim Peternakan Shebaa adalah milik Lebanon.

Kontak Tembak di Ashkelon

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas