Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hamas Ancam Bunuh Sandera jika Israel Terus Bombardir Gaza

Hamas mengancam membunuh sandera dari Israel jika Israel terus membombardir dan menyerang Gaza.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Hamas Ancam Bunuh Sandera jika Israel Terus Bombardir Gaza
MAHMUD HAMS / AFP
Bola api meletus akibat serangan udara Israel di Kota Gaza pada 9 Oktober 2023. Jumlah korban tewas akibat serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh kelompok militan Palestina Hamas di wilayahnya meningkat menjadi 900 orang di Israel, kini Hamas mengancam membunuh sandera dari Israel jika Israel terus membombardir dan menyerang Gaza. 

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan militan dari Gaza, Hamas mengancam akan membunuh sandera jika Israel terus membombardir penduduk Palestina yang berada di jalur Gaza.

Dikutip dari Aljazeera, peringatan dari Hamas ini diumumkan pada Senin (9/10/2023) waktu setempat ketika serangannya pada akhir pekan lalu membuat korban jatuh mencapai 900 orang di Israel dan dibalas oleh militer Israel di tepi Gaza yang menewaskan lebih dari 700 orang dan membuat 3.700 terluka.

Berdasarkan keterangan media setempat dan saksi mata, kawasan perumahan, rumah sakit, sekolah, dan masjid menjadi beberapa lokasi yang diserang oleh jet tempur, artileri, dan drone Israel.

Juru bicara Hamas, Abu Ubaida, mengumumkan ancaman pembunuhan sandera Israel tersebut untuk setiap penyerangan yang dilakukan Israel ke rumah warga sipil dan tanpa peringatan.

Ancaman serupa juga disampaikan oleh sayap bersenjata Hamas, Brigade Ezzedine al-Qassem dikutip dari Alarabiya News.

"Setiap penargetan terhadap warga kami tanpa peringatan akan dibalas dengan eksekusi salah satu sandera sipil," kata Qassem.

"Musuh tidak memahami bahasa kemanusiaan dan etika, jadi kami akan menanggapi mereka dalam bahasa yang mereka pahami," sambungnya.

Baca juga: Hamas Siap Negosiasi dengan Israel, Sebut Tujuan di Israel Telah Tercapai

BERITA REKOMENDASI

Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Israel, Eli Cohen mengatakan lebih dari 100 orang telah disandera oleh Hamas selama serangan yang dilakukan pada akhir pekan lalu.

Namun, ternyata, serangan balasan oleh militer Israel ke Gaza justru menuai kecaman yang ditujukan kepada Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant.

Tak hanya serangan balasan, Gallant juga dikecam dunia lantaran mengumumkan akan memblokade total wilayah padat penduduk di Gaza yang terdapat 2,3 juta penduduk di sana.

"Tidak ada listrik, tidak ada makanan, tidak ada air, tidak ada gas. Semuanya diblokade," katanya.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, mengatakan blokade yang dilakukan Israel di Gaza semakin memperburuk situasi kemanusiaan di sana secara eksponensial.

Dia mengungkapkan, ada 137 ribu orang berada di pengungsian yang disediakan oleh organisasi PBB untuk Palestina, UNRWA.

Warga Palestina mengeluarkan jenazah dari reruntuhan bangunan pasca serangan udara Israel di kamp pengungsi Jebaliya, Jalur Gaza, Senin, 9 Oktober 2023. (AP Photo/Ramez Mahmoud )
Warga Palestina mengeluarkan jenazah dari reruntuhan bangunan pasca serangan udara Israel di kamp pengungsi Jebaliya, Jalur Gaza, Senin, 9 Oktober 2023. (AP Photo/Ramez Mahmoud ) (AP/Ramez Mahmoud)

Kecaman terkait blokade tersebut, juga disampaikan oleh Lembaga Hak Asasi Manusia Dunia yang dianggap sebagai sebuah kejahatan perang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas