Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penasaran Rebut Avdiivka, Tiga Jet Tempur Su-25 Rusia Jatuh Kena Tembak Roket Ukraina Dalam Sepekan

Angkatan Bersenjata Ukraina telah menembak jatuh tiga jet tempur Su-25 Rusia dalam seminggu dalam upaya Moskow merebut kembali Avdiivka dari Kiev

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Penasaran Rebut Avdiivka, Tiga Jet Tempur Su-25 Rusia Jatuh Kena Tembak Roket Ukraina Dalam Sepekan
SERGEY VENYAVSKY/AFP/GETTY IMAGES
Pesawat serang darat Su-25 SM Rusia (di darat) dan jet tempur MIG 29 (lepas landas) menghadiri sesi pelatihan di Primorkso-Akhtarsk, wilayah Krasnodar pada 26 Maret 2015. Angkatan Bersenjata Ukraina menembak jatuh tiga jet tempur Su-25 Rusia di seminggu, kata seorang pejabat militer Kyiv pada Senin (16/10/2023). 

Ngebet Rebut Avdiivka, Tiga Jet Tempur Su-25 Rusia Jatuh Kena Tembak Roket Ukraina Dalam Sepekan

TRIBUNNEWS.COM - Upaya ofensif Rusia untuk merebut kembali Avdiivka dari Ukraina membuat mereka mengerahkan sejumlah besar kekuatan perang, termasuk sejumlah jet tempur.

Hanya, dalam upayanya tersebut, Rusia dilaporkan justru menderita banyak kerugian, termasuk jet-jet tempur mereka yang ditembak jatuh roket Ukraina.




Bahkan, dalam sepekan Rusia kehilangan jet tempur Su-25 mereka.

Baca juga: Pertempuran Sengit di Avdiivka, Rusia Kehilangan Kendaraan Tempur Setara Satu Batalyon dalam 48 Jam

"Angkatan Bersenjata Ukraina telah menembak jatuh tiga jet tempur Su-25 Rusia dalam seminggu," kata seorang pejabat militer pada Senin (16/10/2023).

Brigadir Jenderal Oleksandr Tarnavskyi, komandan pasukan Ukraina di sektor Tavria selatan, menyampaikan pernyataan tersebut dalam sebuah unggahan di saluran Telegram-nya.

Dia mengatakan kelompok operasional-strategis Tavria Ukraina di wilayah Donetsk menembak jatuh pesawat tersebut.

BERITA TERKAIT

Perkembangan ini terjadi lima bulan setelah Ukraina melakukan serangan balasan untuk merebut kembali wilayah yang diduduki Rusia.

Belakangan, counter-offensive Ukraina disebut-sebut berhasil merebut Avdiivka.

Kehilangan wilayah, Rusia balas menggempur Ukraina yang membuat pertempuran di Avdiivka, di wilayah Donetsk makin sengit.

Baca juga: Demi Avdiivka, Militer Rusia Lancarkan Serangan Paling Ganas Tahun Ini ke Tentara Ukraina

Sebuah tank hancur difoto di desa Tsubivka, wilayah Kharkiv, pada 1 Maret 2023. Rusia dilaporkan kehilangan puluhan kendaraan militer selama dua hari serangan Avdiivka.
Sebuah tank hancur difoto di desa Tsubivka, wilayah Kharkiv, pada 1 Maret 2023. Rusia dilaporkan kehilangan puluhan kendaraan militer selama dua hari serangan Avdiivka. (Tangkap Layar/NW/GI)

Moskow melancarkan apa yang digambarkan oleh kepala administrasi militer lokal di Avdiivka, Vitaliy Barabash, sebagai serangan terbesarnya di kota garis depan di timur.

“Selama 24 jam terakhir, musuh melancarkan 2 rudal dan 35 serangan udara, melakukan 47 pertempuran, dan menembakkan 906 peluru artileri,” tulis Tarnavskyi di saluran Telegram-nya.

"Total kerugian musuh berjumlah 472 orang. 36 unit peralatan militer musuh hancur. Khususnya, 4 [kendaraan tempur lapis baja] 8 sistem artileri, 1 kendaraan antipesawat, [sebuah] pesawat Su-25, 13 tak berawak kendaraan udara, 6 unit mobil dan 1 peralatan khusus. Gudang amunisi musuh juga hancur," kata Tarnavskyi.

Pada tanggal 10 Oktober, Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan dalam sebuah postingan di media sosial bahwa pasukan Ukraina berhasil menghalau serangan balik pasukan Rusia di wilayah Zaporizhzhia dan Donetsk serta menembak jatuh sebuah jet tempur Su-25 Rusia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas