Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Putin: Pasokan Rudal ATACMS ke Ukraina adalah Kesalahan AS, Tak Berguna

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pasokan rudal ATACMS ke Ukraina adalah kesalahan AS. Putin mengatakan rudal itu tidak berguna di Ukraina.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Putin: Pasokan Rudal ATACMS ke Ukraina adalah Kesalahan AS, Tak Berguna
Sergei GUNEYEV / POOL / AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu jurnalis Rusia setelah Forum Belt and Road untuk Kerja Sama Internasional ketiga di Beijing pada 18 Oktober 2023. -- Putin mengkritik AS yang mengirim rudal ATACMS ke Ukraina. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengomentari Amerika Serikat (AS) yang memasok rudal ATACMS ke Ukraina.

Menurut Putin, itu adalah kesalahan lain yang dilakukan AS.

Putin berpendapat, rudal jarak jauh itu tidak akan mengubah situasi di medan perang secara mendasar.

"Pengiriman rudal sistem rudal taktis tentara (ATACMS) tidak akan ada gunanya juga bagi Ukraina. Itu hanya akan memperpanjang penderitaan (mereka)," kata Putin kepada wartawan di Beijing, Rabu (18/10/2023).

Dia berargumen bahwa rudal baru tersebut akan menimbulkan korban yang tidak perlu.

“Tentu saja saya mengatakan (ATACMS) merupakan sebuah ancaman. Tidak usah dikatakan lagi. Yang paling penting adalah (ATACMS) sama sekali tidak mampu mengubah situasi di jalur kontak. Tidak mungkin,” kata Putin, dikutip dari The Guardian.

Rusia sebelumnya telah memperingatkan AS untuk tidak menyediakan rudal ATACMS.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-603: Putin Sebut Pengiriman ATACMS sebagai Kesalahan Lain AS

BERITA REKOMENDASI

Setelah AS mengirim rudal ATACMS ke Ukraina, Putin mengatakan AS telah terlibat lebih jauh dalam perang di Ukraina.

Putin mengumumkan sejumlah kecil pesawat tempur Rusia yang dipersenjatai dengan rudal hipersonik akan dikerahkan ke Laut Hitam.

Itu adalah tanggapan atas pengerahan dua kelompok kapal induk AS ke pantai Israel di tengah kekhawatiran akan perang regional yang lebih besar.

Foto kumpulan yang didistribusikan oleh lembaga milik negara Rusia Sputnik ini menunjukkan pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan jurnalis Rusia setelah Forum Belt and Road untuk Kerja Sama Internasional ketiga di Beijing pada 18 Oktober 2023.
Foto kumpulan yang didistribusikan oleh lembaga milik negara Rusia Sputnik ini menunjukkan pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan jurnalis Rusia setelah Forum Belt and Road untuk Kerja Sama Internasional ketiga di Beijing pada 18 Oktober 2023. (Sergei GUNEYEV / POOL / AFP)

Baca juga: Militer Ukraina: Tentara Rusia Kehabisan Napas di Avdiivka, Moskow Kalah Telak

“Saya sudah memperingatkan bahwa ini bukan ancaman, namun kami akan melakukan kontrol visual, kontrol senjata atas apa yang terjadi di Laut Mediterania,” kata Putin.

Putin juga mengecam Joe Biden yang memutuskan mengirim rudal ATACMS ke Ukraina.

"Jika Rusia kalah perang, mengapa (AS) harus memasok ATACMS?" tanya Putin secara retoris.

"Biarkan mereka mengambil kembali ATACMS dan peralatan lainnya. Biarkan (Biden) duduk dan makan pancake, biarkan dia datang ke sini untuk minum teh,” kata Putin saat mendekati Presiden China, Xi Jinping.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas