Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tentara Israel Marah, Putra Netanyahu Tak Ikut Perang dan Hidup Enak di AS

Seorang tentara Israel marah karena Yair Netanyahu, putra Perdana Menteri Benjamin Netanyahu tidak ikut perangd di Israel dan hidup enak di AS.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Tentara Israel Marah, Putra Netanyahu Tak Ikut Perang dan Hidup Enak di AS
Instagram Yair Netanyahu @yair_netanyahu
Yair Netanyahu (kiri) berfoto bersama ayahnya, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu (kanan) di kantor perdana menteri Israel. 

TRIBUNNEWS.COM - Putra Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Yair Netanyahu (32), tidak termasuk di antara 300.000 tentara cadangan yang dimobilisasi untuk perang melawan Hamas.

Ia tetap berada di Florida, Amerika Serikat (AS) untuk melakukan kegiatan amal nirlaba.

Beberapa tentara Israel merasa ini adalah pengkhianatan, menurut laporan The Times of London.

“Yair menikmati hidupnya di Miami Beach sementara saya berada di garis depan,” kata seorang tentara yang merupakan warga Israel, yang terbang dari AS untuk menghadapi Hizbullah di perbatasan Israel-Lebanon.

Tentara anonim tersebut mengeluh, orang-orang yang bertanggung jawab atas situasi ini justru tidak memikul beban mereka.

Hal ini memicu ketidakpercayaan dan kemarahan di kalangan tentara.

Baca juga: Palestina Krisis BBM, Israel ke PBB: Mintalah Bahan Bakar Hamas yang Disimpan di Gaza

“Saudara-saudara kita, bapak-bapak kita, anak-anak kita, semua akan maju ke garis depan, tapi Yair Netanyahu masih belum ada di sini. Hal ini tidak membantu membangun kepercayaan pada kepemimpinan negara,” kata tentara tersebut kepada The Times of London.

BERITA TERKAIT

Tentara lainnya, yang menjadi sukarelawan, bersiap untuk dikerahkan ke front selatan melawan Hamas.

Bahkan, dia rela terbang kembali dari AS ke Israel dan meninggalkan pekerjaan, kehidupan, dan keluarganya untuk bertugas di militer.

“Tidak mungkin saya bisa tinggal di sana dan meninggalkan negara saya, rakyat saya, pada saat kritis ini. Dimana putra perdana menteri? Mengapa dia tidak berada di Israel?” kata tentara itu.

“Ini adalah momen yang paling menyatukan bagi kita sebagai warga Israel dalam sejarah kita baru-baru ini dan setiap orang dari kita harus berada di sini saat ini, termasuk putra perdana menteri,” lanjutnya.

Peran Yair Netanyahu di Militer Israel

Tentara Israel memberi isyarat saat mereka berpose di dekat pengangkut personel lapis baja (APC) Namer di posisi dekat perbatasan dengan Gaza di Israel selatan pada 11 Oktober 2023. Israel menyatakan perang terhadap Hamas pada 8 Oktober menyusul guncangan darat, udara, dan laut serangan oleh kelompok militan yang berbasis di Gaza. Jumlah korban tewas di Israel telah melonjak di atas 1.200 orang menyusul serangan terburuk dalam 75 tahun sejarah negara itu, sementara para pejabat Gaza melaporkan 1.000 orang tewas sejauh ini. (Photo by Menahem KAHANA / AFP)
Tentara Israel memberi isyarat saat mereka berpose di dekat pengangkut personel lapis baja (APC) Namer di posisi dekat perbatasan dengan Gaza di Israel selatan pada 11 Oktober 2023. (AFP/MENAHEM KAHANA)

Baca juga: Israel Desak Sekjen PBB Mundur Imbas Komentar soal Hamas

Semua warga negara Israel diwajibkan untuk wajib militer ketika mereka mencapai usia 18 tahun, dengan laki-laki bertugas selama 32 bulan dan perempuan selama 24 bulan.

Sementara itu, putra PM Benjamin Netanyahu, Yair Netanyahu mengabdi di Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di unit juru bicara, bukan tentara tempur.

Setelah menjalani wajib militer, banyak warga Israel yang dapat dipanggil kembali untuk bertugas di unit cadangan hingga usia 40 tahun atau lebih.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas