Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Indonesia akan Kirim 3 Pesawat Bantuan untuk Palestina pada Sabtu Pagi

Indonesia akan kirimkan 3 pesawat yang mengangkut bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Daryono
zoom-in Indonesia akan Kirim 3 Pesawat Bantuan untuk Palestina pada Sabtu Pagi
Capture Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi menyampaikan keterangan pers, Senin (30/10/2023) usai memimpin rapat terbatas soal Palestina di Istana Presiden Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM - Mabes TNI tengah menyiapkan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara yang akan digunakan untuk mengangkut bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan TNI Laksda Julius Widjojono.

"TNI Tengah menyiapkan dua Pesawat Hercules C-130 A-1327 dan A-1328 miilik TNI AU dari Skadron Udara 31 dan 32. Selain itu juga kita siapkan dua pesawat Hercules cadangan untuk mendukung misi tersebut," pungkas Julius, (1/11/2023), dikutip dari laman TNI.

Ia mengatakan, total pesawat yang mengangkut logistik bantuan berjumlah 3.

"Selain dua unit Pesawat Hercules TNI AU, dilibatkan juga satu unit pesawat charter (Boeing 737 Garuda) oleh Mabes Polri sehingga total dukungan pesawat untuk mengangkut logistik Bantuan Kemanusiaan ke Palestina berjumlah tiga unit pesawat," tambahnya.

Bantuan tersebut akan diterbangkan menuju Mesir yang kemudian akan diteruskan ke rakyat Palestina.

Baca juga: Lancarkan Serangan Darat, Tentara Israel Mengaku Sudah Sampai di Gerbang Kota Gaza

Pengiriman bantuan ini rencananya akan dilepas oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 4 November 2023 pukul 08.30 WIB, bertempat di Base Ops Lanud Halim PK dan diperkirakan tiba di Mesir tanggal 6 November 2023.

BERITA TERKAIT

Adapun rute penerbangan dalam misi kemanusiaan ini yakni Halim (Jkt) - Aceh - Yangon (Myanmar) - New Delhi (India) - Abu Dhabi (UEA) - Jeddah (Arab Saudi) - El Arish (Mesir).

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, akan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina.

Bantuan tersebut akan disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan.

Kloter pertama bantuan untuk Palestina itu akan dikirimkan pada pekan ini.

"Indonesia akan mengirim bantuan kemanusiaan yang akan disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan rakyat Palestina, dan kloter pertama akan dikirimkan minggu ini," ujar Jokowi usai memimpin rapat terbatas (ratas) membahas perkembangan konflik Palestina-Israel, Senin (30/10/2023), di Istana Merdeka, Jakarta.

Jokowi juga mengatakan, Indonesia terus mengikuti secara dekat perkembangan di Gaza dan Indonesia sangat marah terhadap memburuknya situasi wilayah tersebut, terutama situasi kemanusiaan.

"Kekerasan harus dihentikan, gencatan senjata harus terus diupayakan, bantuan kemanusiaan harus terus didorong dan dipercepat, diakselerasi," tambahnya, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet RI.

Untuk itu, lanjut Jokowi, Indonesia akan terus melakukan komunikasi dengan banyak pihak untuk mengupayakan penyelesaian masalah ini.

(Tribunnews.com, Widya)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas