Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tank Israel Hanya Berjarak 20 Meter, IDF Tembaki Rumah Sakit Al-Quds di Gaza

Rumah Sakit Al-Quds di Gaza menjadi sasaran penembakan Israel. IDF mengerahkan tank hingga jarak kurang lebih 20 meter dari rumah sakit tersebut.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Tank Israel Hanya Berjarak 20 Meter, IDF Tembaki Rumah Sakit Al-Quds di Gaza
AFP/JACK GUEZ
Kendaraan lapis baja tentara Israel dikerahkan di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza di Israel selatan pada 31 Oktober 2023 di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan gerakan Hamas Palestina. -- Israel menembaki rumah sakit Al-Quds di Gaza pada Sabtu (11/11/2023). Tank Israel hanya berjarak 20 meter dari rumah sakit Al Quds. 

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) kini semakin dekat ke Rumah Sakit Al-Quds di Gaza pada Sabtu (11/11/2023).

Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) melaporkan tank Israel hanya berjarak 20 meter dari Rumah Sakit Al-Quds.

IDF dilaporkan mulai menembak langsung ke rumah sakit tersebut.

"Penembakan ini menimbulkan kepanikan dan ketakutan yang luar biasa di antara 14.000 pengungsi," tulis PRCS di X (Twitter), Sabtu (11/11/2023).

Sebelumnya, Rumah Sakit Al-Quds Bulan Sabit Merah Palestina di Gaza dikabarkan sedang mengalami krisis karena pengepungan Israel.

Staf medis di Rumah Sakit Al-Quds Bulan Sabit Merah Palestina melaporkan mereka bertahan di tengah pemadaman listrik yang disebabkan oleh krisis bahan bakar akibat pemboman Israel di Jalur Gaza.

Baca juga: Kesaksian Penggali Kubur Gaza: 600 Jasad Dikubur Massal dalam Sehari, Terbayang Penderitaan Korban

Para ahli bedah melakukan prosedur di ruang operasi yang gelap, menggunakan senter untuk melihat pasien.

BERITA REKOMENDASI

"Ada ancaman yang meningkat bahwa Rumah Sakit Al-Quds akan menghentikan semua aktivitasnya dalam beberapa jam karena kehabisan bahan bakar,” menurut Bulan Sabit Merah Palestina, Jumat (10/11/2023).

Meski menghadapi gangguan komunikasi dan internet selama tiga hari, staf rumah sakit tetap berupaya mempertahankan operasional.

Saat ini, Rumah Sakit Al-Quds memasuki hari kelima isolasi, dengan seluruh akses jalan diblokir akibat pemboman Israel yang sedang berlangsung di wilayah tersebut.

Ahli bedah di Rumah Sakit Al-Quds di Gaza menggunakan senter untuk melihat pasien selama operasi di tengah krisis bahan bakar akibat pemboman Israel pada Jumat (10/11/2023).
Ahli bedah di Rumah Sakit Al-Quds di Gaza menggunakan senter untuk melihat pasien selama operasi di tengah krisis bahan bakar akibat pemboman Israel pada Jumat (10/11/2023). (X)

Pemboman Israel Matikan Puluhan Fasilitas Kesehatan

Kementerian Kesehatan di Gaza melaporkan 18 rumah sakit dan 46 pusat kesehatan kini tidak beroperasi akibat serangan Israel.

Otoritas kesehatan tersebut memperingatkan dampak signifikan terhadap perawatan pasien.

Lebih dari 3.000 anak berisiko kehilangan akses terhadap perawatan onkologi dan dialisis yang penting.

Selain itu, serangan Israel telah menyebabkan 50.000 wanita hamil tanpa perawatan penting sebelum dan sesudah melahirkan selama lebih dari sebulan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas