Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesawat AS Jatuh di Dekat Israel, Pentagon Tutup Mulut

Pesawat tersebut berasal dari salah satu dari dua kelompok kapal induk Amerika yang datang ke wilayah tersebut sejak pecahnya

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pesawat AS Jatuh di Dekat Israel, Pentagon Tutup Mulut
US Navy Photo
Kapal induk terbesar Amerika Serikat USS Gerald R. Ford 

TRIBUNNEWS.COM -- Komando Eropa Amerika Serikat (EUCOM) pada Sabtu, (11/11/2023) melaporkan salah satu pesawat militer AS jatuh di perairan Mediterania dekat Israel.

Pesawat tersebut berasal dari salah satu dari dua kelompok kapal induk Amerika yang datang ke wilayah tersebut sejak pecahnya perang Hamas-Israel.

Pesawat perang tersebut jatuh pada Jumat (10/11/2023) malam waktu setempat.

Baca juga: Jumlah Korban Perang Israel-Hamas, 11.078 Orang Palestina Tewas, 27.490 Lainnya Terluka di Gaza

"Pesawat itu sedang melakukan penerbangan pelatihan pada Jumat malam ketika “mengalami kecelakaan dan jatuh,” kata EUCOM dalam sebuah pernyataan singkat dikutip dari Russia Today.

Pentagon tidak memberikan informasi tambahan apa pun mengenai jenis pesawat, berapa banyak orang yang berada di dalamnya, atau apakah insiden tersebut terjadi di darat atau laut.

“Namun, kami dapat secara pasti mengatakan bahwa serangan pesawat tersebut murni terkait dengan pelatihan dan tidak ada indikasi aktivitas permusuhan,” tambah EUCOM.

“Untuk menghormati keluarga yang terkena dampak, kami tidak akan merilis informasi lebih lanjut mengenai personel yang terlibat saat ini.”

BERITA TERKAIT

Selain beberapa pangkalan udara di kawasan, militer AS juga memiliki USS Gerald R. Ford Carrier Strike Group yang beroperasi di Mediterania timur.

Kelompok penyerang kedua, yang dipimpin oleh USS Dwight D Eisenhower, juga berada di wilayah tersebut baru-baru ini, namun sejak itu telah melewati Terusan Suez ke Timur Tengah untuk lebih “mencegah tindakan permusuhan terhadap Israel atau upaya apa pun untuk memperluas perang ini setelah serangan Hamas terhadap Israel.”

Baca juga: RS Al-Shifa di Gaza: Rumah Penyembuhan bagi Korban Perang, Dianggap Markas Hamas oleh Israel

Tahun lalu, sebuah F-18 Super Hornet yang berada di kapal induk USS Harry S. Truman “terbang ke laut” karena “cuaca buruk yang tidak terduga” selama misi pengisian ulang di Mediterania.

Jet tersebut tenggelam ribuan meter di bawah laut, namun ditemukan sebulan kemudian.

Selain membela Yahudi Israel, AS juga melakukan peperangannya sendiri di wilayah Suriah.

Perang di Suriah

AS mengirimkan serangan udara terhadap Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran dan kelompok-kelompok afiliasinya di Suriah, Rabu (8/11/2023).

Serangan AS itu dilaporkan menyasar gudang senjata di Suriah yang diduga digunakan IRGC.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas