Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prancis Desak Israel Setop Bom Gaza, Netanyahu: Macron Buat Kesalahan Fatal

Prancis mendesak Israel setop membombardir Gaza, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Macron buat kesalahan fatal.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in Prancis Desak Israel Setop Bom Gaza, Netanyahu: Macron Buat Kesalahan Fatal
CHRISTOPHE ENA / POOL / AFP
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara kepada media selama konferensi pers bersama dengan Presiden Prancis di Yerusalem pada 24 Oktober 2023. -- Netanyahu mengatakan Emmanuel Macron melakukan kesalahan serius karena meminta Israel lakukan gencatan senjata. 

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, telah mendesak para pemimpin Barat untuk tidak tunduk pada tekanan dari pihak yang menyerukan gencatan senjata di Gaza.

Netanyahu kemudian membahas kritikan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang meminta Pasukan Pertahanan Israel (IDF) untuk berhenti membom warga sipil Palestina di Jalur Gaza.

Menurutnya, Presiden Emmanuel Macron melakukan kesalahan besar dengan menyerukan gencatan senjata.

"Israel benar-benar melakukan segalanya untuk meminimalkan kerugian terhadap warga sipil tetapi tidak akan memberikan izin kepada Hamas untuk membunuh warganya tanpa tanggapan," kata Netanyahu selama konferensi pers pada Sabtu (11/11/2023).

Perdana Menteri Israel tersebut lalu berdalih, Hamas yang mencegah evakuasi warga sipil sehingga mereka menjadi korban pemboman Israel di Gaza.

Baca juga: Beirut Diancam Seperti Gaza, Hizbullah Kirim Rudal Katyusha ke Israel, 8 Tentara IDF Tewas

“Dia melakukan kesalahan serius, baik secara faktual maupun moral. Hamaslah yang mencegah evakuasi warga sipil, bukan Israel,” kata Netanyahu mengomentari kritikan Presiden Emmanuel Macron, dikutip dari Reuters.

Menurut Netanyahu, Hamaslah yang menembaki koridor aman yang dibuat oleh Israel untuk mengevakuasi warga Gaza utara ke selatan.

BERITA TERKAIT

Perdana Menteri Israel itu juga menuduh Hamas menggunakan penduduk di Gaza sebagai tameng manusia, katanya mengulangi propagandanya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara selama konferensi pers di pangkalan militer Kirya di Tel Aviv pada 28 Oktober 2023 di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas.
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara selama konferensi pers di pangkalan militer Kirya di Tel Aviv pada 28 Oktober 2023 di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas. (ABIR SULTAN / POOL / AFP)

Netanyahu mengklaim, meskipun militan Hamas menargetkan dan membantai warga sipil Israel, mereka juga bersembunyi di balik warga Palestina, dan melakukan kejahatan perang ganda.

“Jika kita menyucikan metode militan ini, sehingga mereka dapat menempatkan diri mereka di tengah-tengah masyarakat sipil… maka kami menjamin bahwa hal-hal ini akan terus menyebar,” katanya, ditujukan kepada presiden Perancis dan semua pemimpin lainnya.

Presiden Prancis Minta Israel Berhenti Bom Warga Sipil di Gaza

Presiden Prancis Emmanuel Macron menyaksikan saat dia menunggu kedatangan anggota Kepresidenan tripartit Bosnia dan Herzegovina, di Istana Kepresidenan Elysee, di Paris, pada 9 November 2023.
Presiden Prancis Emmanuel Macron menyaksikan saat dia menunggu kedatangan anggota Kepresidenan tripartit Bosnia dan Herzegovina, di Istana Kepresidenan Elysee, di Paris, pada 9 November 2023. (Ludovic MARIN / AFP)

Baca juga: Grafik Besarnya Jumlah Korban Konflik Israel-Hamas dari Tahun ke Tahun, Perang Kali Ini Terparah

Pada Jumat (10/11/2023), Presiden Emmanuel Macron mengatakan kepada BBC Internasional, dia dengan jelas mengutuk serangan Hamas terhadap Israel.

Namun, Presiden Prancis itu juga mengatakan secara de facto, saat ini warga sipil dibom.

“Tidak ada alasan untuk melakukan hal tersebut dan tidak ada legitimasi,” kata Macron sambil mendesak Israel untuk berhenti.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas