Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rumah Sakit Buat Lansia Pun Dibom Israel, Direktur RS Al-Wafa Meninggal Kena Serangan

Israel secara sistematis memerangi rumah sakit di seluruh Gaza dengan dalih digunakan oleh Hamas. Taktik perang keji ini membuat kehancuran total

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Rumah Sakit Buat Lansia Pun Dibom Israel, Direktur RS Al-Wafa Meninggal Kena Serangan
AP/Abed Khaled
Seorang pria Palestina yang terluka menerima perawatan di rumah sakit al-Shifa, menyusul serangan udara Israel di Kota Gaza, Jalur Gaza tengah, Minggu, 5 November 2023. Rumah Sakit Shifa di Gaza telah menjadi fokus kebuntuan selama berhari-hari dalam perang Israel melawan Hamas . Israel mengklaim Hamas menggunakan fasilitas itu untuk tujuan militer dan telah membangun pusat komando bawah tanah yang luas di bawah rumah sakit. Sejak Israel menyatakan perang terhadap Hamas, pasukannya telah bergerak ke arah Shifa. Namun ratusan dokter dan pasien masih berada di dalam. (AP Photo/Abed Khaled, File) 

Rumah Sakit Buat Lansia Pun Dibom Israel, Direktur RS Al-Wafa Meninggal Kena Serangan

TRIBUNNEWS.COM - Serangan Israel terhadap berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan Palestina di Gaza terus berlanjut.

Terbaru, serangan terjadi di Rumah Sakit Al-Wafa untuk perawatan Lansia di wilayah Al-Zahraa.

Rumah sakit ini pada dasarnya adalah sebuah fasilitas kesehatan dan tempat perlindungan bagi warga Palestina yang lanjut usia dan sakit, terutama pada saat semua pusat kesehatan dan klinik besar di Gaza menjadi sasaran perang Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Baca juga: Markas Komando Hamas Cuma Ada 10 Senjata? Mata Ditutup, 200 Warga Palestina Dibawa ke Area Rahasia

Sumber medis Palestina, yang dikutip oleh Al-Jazeera, mengatakan bahwa serangan Israel terhadap rumah sakit tersebut pada Jumat malam.

Serangan Israel itu mengakibatkan terbunuhnya direktur Rumah Sakit Al-Wafa, Midhad Mhaisen, dan cederanya dokter lainnya.

Proses evakuasi masih berlangsung dan jumlah korban diperkirakan akan meningkat dalam beberapa jam mendatang.

Gambar selebaran yang dirilis oleh tentara Israel pada 15 November 2023 ini menunjukkan tentara di dalam kendaraan bersenjata selama operasi militer di sekitar rumah sakit Al-Shifa di Kota Gaza
Gambar selebaran yang dirilis oleh tentara Israel pada 15 November 2023 ini menunjukkan tentara di dalam kendaraan bersenjata selama operasi militer di sekitar rumah sakit Al-Shifa di Kota Gaza (ISRAELI DEFENCE FORCES / AFP)

Perangi Rumah Sakit

BERITA TERKAIT

Serangan terhadap Al-Wafa terjadi menjadi satu di antara serangkaian pemboman Israel.

Secara sistematis, serangan Israel itu juga memblokade serta menutup sebagian besar rumah sakit Palestina di seluruh Jalur Gaza.

Pada Rabu, tentara Israel menyerang dan menyerbu Kompleks Medis Al-Shifa di Kota Gaza.

"Pasukan Israel saat ini menggunakan dokter dan pasien sebagai perisai manusia," menurut pernyataan Kementerian Kesehatan Gaza.

Menurut kementerian tersebut, Israel, sejauh ini, telah membunuh lebih dari 12.000 warga Palestina, termasuk 5.000 anak-anak dan lebih dari 3.000 wanita.

(oln/aljzr/pc/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas