Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Singapura Anugerahi Menhan RI Penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang

Penghargaan tersebut disematkan langsung oleh Tharman Sanmugaratnam di Istana Kepresidenan Singapura.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Presiden Singapura Anugerahi Menhan RI Penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang
Biro Humas Kemhan
Menteri Pertahanan RI (Menhan RI) Prabowo Subianto menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dari pemerintah Singapura pada Selasa (21/11/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Singapura Tharman Sanmugaratnam menganugerahi Menteri Pertahanan RI (Menhan RI) Prabowo Subianto penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dari pemerintah Singapura pada Selasa (21/11/2023).

Penghargaan tersebut disematkan langsung oleh Tharman Sanmugaratnam di Istana Kepresidenan Singapura.

Penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) merupakan penghargaan militer tertinggi dari Pemerintah Singapura.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Prabowo karena selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan sejak Oktober 2019 dinilai memiliki jasa yang luar biasa serta peran yang sangat penting bagi negara dalam menjaga, merawat serta mempererat hubungan baik bidang pertahanan dengan Singapura.

Tharman mengatakan penghargaan tersebut merupakan bukti pengakuan atas kontribusi Prabowo yang signifikan dalam meningkatkan kerja sama Pertahanan antara Indonesia dengan Singapura.

"Penghargaan ini merupakan sebuah penghormatan kepada orang di luar tentara Singapura karena jasanya dalam mempererat kerja sama pertahanan dengan Singapura," kata protokol Istana Kepresidenan Singapura dalam rangkaian upacara dikutip dari keterangan resmi Biro Humas Setjen Kemhan pada Selasa (21/11/2023).

BERITA REKOMENDASI

Kedatangan Prabowo di Istana Singapura disambut langsung Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen dengan jajar kehormatan.

Ng Eng Hen mengatakan bahwa di bawah kepemimpinan Menhan Prabowo Subianto militer kedua negara berhasil memperdalam kerja sama dan menjalin hubungan yang lebih kuat melalui interaksi secara regular dan latihan bersama antara tentara Indonesia dan tentara Singapura.

Turut hadir dalam acara tersebut Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo, Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan Letnan Jenderal TNI Purn. Dr. Sjafrie Sjamsoeddin, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, Dirkersinhan Brigjen TNI Steverly C Parengkuan, Karo Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha, dan Atase Pertahanan RI di Singapura Kolonel Pnb Achmad Zailani.

Selain Prabowo, tercatat dua tokoh militer Indonesia lainnya juga pernah mendapatkan penghargaan serupa.

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa sebelumnya juga menerima penghargaan Bintang Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dari Presiden Singapura Halimah Yacob.

Penghargaan diberikan Halimah kepada Andika di Istana Singapura pada Rabu (10/5/2023) lalu.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Andika karena peningkatan kerja sama militer antara Indonesia dan Singapura selama Andika menjabat sebagai Panglima TNI periode 2021 sampai 2022.

Selain Andika, Marsekal Hadi Tjahjanto yang saat itu masih menjabat sebagai Panglima TNI juga menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang oleh Presiden Halimah Yacob.

Penghargaan tersebut disematkan langsung oleh Halimah di Istana Kepresidenan Singapura pada Jumat (29/10/2021).

Penghargaan tersebut diberikan kepada Hadi sebagai bentuk apresiasi terhadap pengabdian dan jasa yang luar biasa kepada Hadi dalam meningkatkan hubungan baik antara TNI dengan Angkatan Bersenjata Singapura.

Foto: Biro Humas Setjen Kemhan

Menteri Pertahanan RI (Menhan RI) Prabowo Subianto menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dari pemerintah Singapura pada Selasa (21/11/2023).
--

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas