Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gencatan Senjata di Gaza Ditunda Sepihak, PM Netanyahu Perintahkan Militer Israel Gempur Khan Younis

Kesepakatan gencatan senjata Israel – Hamas awalnya akan mulai dilaksanakan pada hari ini pukul 10.00 waktu setempat.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Gencatan Senjata di Gaza Ditunda Sepihak, PM Netanyahu Perintahkan Militer Israel Gempur Khan Younis
ABIR SULTAN / KOLAM RENANG / AFP
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Kesepakatan gencatan senjata Israel – Hamas awalnya akan mulai dilaksanakan pada hari ini pukul 10.00, namun secara mengejutkan Israel menunda kesepakatan tersebut secara sepihak. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, TEL AVIV – Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu menunda perjanjian pembebasan sandera dalam gencatan senjata sementara dengan militan Hamas.

Hal ini diumumkan Netanyahu melalui surat edaran yang dirilis oleh Penasihat Keamanan Nasional Israel, Kamis (23/11/2023).

Sebagaimana diketahui, kesepakatan gencatan senjata Israel – Hamas awalnya akan mulai dilaksanakan pada hari ini pukul 10.00, namun secara mengejutkan Israel menunda kesepakatan tersebut secara sepihak.

"Sebuah sumber Israel mengatakan kepada surat kabar Israel Haaretz bahwa pertempuran di Gaza tidak akan berhenti selama belum ada batas waktu yang pasti untuk perjanjian dengan Hamas," ujar juru bicara The Guardian.

Baca juga: PBB: 22 Petugas Kesehatan Tewas di Gaza sejak Awal Serangan Israel

Penasihat Keamanan Nasional Israel tak menjelaskan secara detail terkait alasan penundaan ini, namun menurut informasi yang beredar penundaan dilakukan lantaran Israel belum mengetahui siapa saja tahanan yang hendak ditukar.

Selain itu pihak Israel juga masih belum menemukan caranya untuk melangsungkan penukaran ini.

BERITA TERKAIT

"Gencatan senjata, yang secara luas diperkirakan akan mulai berlaku pada hari Kamis ditunda pada malam hari, karena masih menunggu nama-nama sandera Israel dan cara pembebasan mereka," kata pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim.

Hingga kini pemerintah Israel belum mengumumkan secara resmi terkait kapan gencatan senjata akan dilakukan, namun menurut sumber keamanan Mesir para mediator tengah mengupayakan pembebasan dimulai pada Jumat (24/11/2023) pukul 10.00 pagi.

Israel Masih Bombardir Gaza

Sementara itu di tengah negosiasi alot antara PM Netanyahu dengan militan Hamas, militer Israel hingga kini masih membombardir sejumlah wilayah di Gaza.

Mengutip laporan terbaru Al-Jazeera, serangan intensif terus diberikan Israel dengan menargetkan kompleks pemukiman Khan Younis timur pada Kamis (23/11/2023).

Imbas serangan ini setidaknya 15 orang dinyatakan meninggal dunia akibat gempuran militer Israel, sementara beberapa orang dikabarkan terluka dan sejumlah lainnya hilang.

Tak cuma di Khan Younis, pasukan Israel dilaporkan melakukan serangan ke Kota Deir Al-Balah di Gaza tengah, termasuk ke sebuah bangunan yang menampung kelompok amal di sebelah Rumah Sakit Kuwait di Rafah.

Netanyahu Lanjutkan Agresi

Meski kesepakatan gencatan senjata resmi disahkan, namun hal tersebut tidak serta merta membuat perang antara Israel dan Hamas di Gaza berhenti.

PM Netanyahu justru menegaskan bahwa agresi Israel ke Gaza akan tetap lanjut sampai tujuan negaranya tercapai.

"Saya ingin menegaskan. Kita sedang dalam perang dan akan terus berperang sampai kita mencapai seluruh tujuan kita, untuk menghancurkan Hamas, dan untuk membebaskan seluruh sandera dan warga kita yang hilang," kata Netanyahu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas