Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hamas Bebaskan 13 Sandera Israel dan 11 WNA dari Gaza di Hari ke-1 Gencatan Senjata

Hamas membebaskan 24 sandera di hari pertama gencatan senjata 4 hari, terdiri dari 13 warga Israel dan 11 WNA, 50 sandera ditukar 150 warga Palestina.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in Hamas Bebaskan 13 Sandera Israel dan 11 WNA dari Gaza di Hari ke-1 Gencatan Senjata
KANTOR MEDIA HAMAS / AFP
Gambar yang diambil dari video selebaran yang dirilis oleh Kantor Media Hamas menunjukkan seorang anggota Brigade Al-Qassam menyerahkan sandera kepada pejabat Komite Palang Merah Internasional di Gaza pada 24 November 2023, sebelum mereka dipindahkan ke Israel. 

TRIBUNNEWS.COM - Kelompok bersenjata Palestina, Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), membebaskan 24 sandera yang ditahan di Jalur Gaza pada Jumat (24/11/2023).

Mereka terdiri dari 13 warga Israel, 10 warga Thailand, dan 1 warga Filipina.

Adapun 13 sandera Israel itu ditukar dengan 39 warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel pada malam harinya.

Penukaran sandera dan tahanan ini adalah grup pertama yang dibebaskan sesuai perjanjian gencatan senjata selama 4 hari antara Hamas dan Israel.

Total akan ada 50 sandera Hamas dan 150 tahanan Palestina yang dibebaskan selama 4 hari itu.

Kesepakatan itu ditengahi oleh Qatar dan Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Saat 13 Sandera Yahudi Ditukar Tahanan Palestina, Israel Tetap Tembaki Warga Gaza

Sementara warga negara asing yang menjadi sandera Hamas juga dibebaskan, namun berada di luar kesepakatan perjanjian gencatan senjata dan tidak bersyarat.

BERITA REKOMENDASI

Palang Merah Internasional (ICRC) di Israel dan wilayah pendudukan mengatakan mereka mengangkut 24 sandera Hamas dari Jalur Gaza ke perbatasan Rafah dengan Mesir.

"Kami dengan lega mengonfirmasi pembebasan 24 sandera dengan aman," tulis ICRC di X pada Jumat (24/11/2023) malam.

Hamas bebaskan 13 sandera Israel di hari pertama

Gambar yang diambil dari video selebaran yang dirilis oleh Kantor Media Hamas menunjukkan seorang anggota Brigade Al-Qassam memimpin seorang sandera (kanan) ke pejabat Komite Palang Merah Internasional di Gaza pada 24 November 2023, di depannya dipindahkan ke Israel. Setelah 48 hari baku tembak dan pemboman yang merenggut ribuan nyawa, sandera pertama yang dibebaskan berdasarkan kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas diserahkan pada 24 November, kata kedua belah pihak, hampir tujuh minggu setelah mereka ditangkap.
Gambar yang diambil dari video selebaran yang dirilis oleh Kantor Media Hamas menunjukkan seorang anggota Brigade Al-Qassam memimpin seorang sandera (kanan) ke pejabat Komite Palang Merah Internasional di Gaza pada 24 November 2023, di depannya dipindahkan ke Israel. (Alex MITA / KANTOR MEDIA HAMAS / AFP)

Baca juga: Serangan Sporadis Militer Israel ke Rumah Sakit Indonesia di Gaza

Hamas membebaskan 13 warga Israel di hari pertama gencatan senjata yang disepakati selama 4 hari.

Brigade Al-Qassam (cabang militer Hamas), menyerahkan gelombang pertama sandera kepada ICRC.

Dalam video yang diambil Al Jazeera memperlihatkan para sandera keluar dari kendaraan batalion Hamas dan bergerak menuju mobil ICRC.

Hamas membantu seorang anak dan wanita lansia bergerak ke mobil ICRC.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas