Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bulan Sabit Merah Palestina Desak Israel Segera Bebaskan Staf Medis yang Ditahan

Bulan Sabit Merah Palestina sangat khawatir terhadap kepala Pusat Medis Darurat Khan Younis.

Penulis: Nuryanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Bulan Sabit Merah Palestina Desak Israel Segera Bebaskan Staf Medis yang Ditahan
OMAR EL-QATTAA / AFP
Ilustrasi - Warga Palestina berjalan melewati rumah sakit Al-Shifa di Kota Gaza pada 26 November 2023. Bulan Sabit Merah Palestina sangat khawatir terhadap kepala Pusat Medis Darurat Khan Younis. 

TRIBUNNEWS.COM - Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) menuntut pemerintah Israel segera membebaskan staf medis yang ditangkap pasukannya.

Bulan Sabit Merah Palestina sangat khawatir terhadap Awni Khattab yang merupakan kepala Pusat Medis Darurat Khan Younis.

Awni Khattab sudah ditahan pasukan Israel selama sembilan hari.

Kini, keberadaan Awni Khattab masih belum diketahui.

“Penangkapan terjadi ketika konvoi korban luka dari Rumah Sakit al-Shifa sedang melakukan perjalanan melalui pos pemeriksaan Wadi Gaza,” tulis PRCS di X, dilansir Al Jazeera, Kamis (30/11/2023).

“PRCS menganggap pemerintah Israel bertanggung jawab atas keselamatan Khattab, dan kami menuntut pembebasannya segera bersama tiga pekerja medis lainnya yang ditahan," lanjutnya.

Baca juga: Gencatan Senjata Israel Hamas di Gaza Diupayakan Diperpanjang 2 Hari Lagi, Upaya Negosiator di Mesir

Pada Rabu (22/11/2023), 190 orang yang terluka dan sakit, rekan mereka, dan sejumlah tim medis dievakuasi dari rumah sakit dengan konvoi ambulans ke selatan.

BERITA TERKAIT

Evakuasi itu berkoordinasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan lembaga kemanusiaan lainnya, menurut PBB.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan, proses evakuasi berlangsung selama hampir 20 jam, karena konvoi dihalangi dan diperiksa dengan cermat saat melewati pos pemeriksaan di Jalan Salah al-Din.

“Selanjutnya, tiga paramedis dan seorang pendamping dari orang yang terluka ditahan."

"Yang terakhir dan dua paramedis kemudian dibebaskan, sedangkan paramedis ketiga, rekannya Awni Khattab, masih ditahan hingga saat ini," katanya, Kamis (23/11/2023), dikutip dari BBC.

Ilustrasi - Tentara Israel berdiri di atas tank yang dikerahkan di perbatasan selatan dengan Jalur Gaza pada 29 November 2023.
Ilustrasi - Tentara Israel berdiri di atas tank yang dikerahkan di perbatasan selatan dengan Jalur Gaza pada 29 November 2023. (MENAHEM KAHANA / AFP)

Baca juga: Menlu Indonesia Desak Dewan Keamanan PBB Wujudkan Gencatan Senjata Permanen Israel-Hamas

Baik PBB maupun PRCS tidak menyebut nama Dr Abu Salmiya.

Namun kepala ortopedi di al-Shifa, Dr Adnan al-Bursh, mengatakan kepada BBC bahwa dia juga ditahan saat menemani pasien yang dievakuasi pada hari Rabu.

Pada Kamis sore, militer Israel mengonfirmasi Dr Abu Salmiya telah dibawa untuk diinterogasi oleh badan keamanan internal Shin Bet.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas