Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penembakan di Yerusalem Barat, 3 Warga Israel Tewas dan 16 Lainnya Terluka

Dua penyerang yang diduga warga dari Yerusalem Timur menembak 3 warga Israel di Yerusalem Barat dan 16 orang lainnya terluka.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Ayu Miftakhul Husna
zoom-in Penembakan di Yerusalem Barat, 3 Warga Israel Tewas dan 16 Lainnya Terluka
Menahem KAHANA / AFP
Paramedis Israel menutupi jenazah tersangka penyerang saat mereka mengamankan lokasi penembakan di Yerusalem, pada 30 November 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Dua pria bersenjata melepaskan tembakan ke halte bus di pintu masuk Yerusalem Barat pada Kamis (30/11/2023) pagi.

Tiga warga Israel tewas dan 16 lainnya terluka dalam penembakan itu.

“Mereka tiba di lokasi kejadian dengan mobil pada pagi hari, bersenjatakan senapan M-16 dan pistol,” kata polisi Israel, Kamis (30/11/2023).

“Mereka mulai menembaki warga sipil sebelum kemudian dibunuh di tempat kejadian,” lanjutnya.

Para penembak datang dari Yerusalem Timur dan dihentikan oleh tentara yang sedang tidak bertugas dan warga sipil lainnya yang berada di dekatnya.

Rekaman kamera keamanan yang diperoleh Reuters menunjukkan momen penyerangan.

Baca juga: Israel dan Hamas Perpanjang Gencatan Senjata Setelah Upaya Mediasi pada Menit-menit Terakhir

Sebuah mobil berwarna putih terlihat berhenti di samping halte yang ramai.

BERITA REKOMENDASI

Dua pria kemudian keluar, senjata terhunus, dan berlari ke arah kerumunan saat orang-orang berhamburan.

Tidak lama kemudian dua penyerang itu ditembak mati oleh Israel.

Orang-orang menyaksikan pasukan keamanan dan tim penyelamat Israel memeriksa lokasi penembakan pagi hari di Yerusalem pada 30 November 2023. Orang-orang bersenjata membunuh tiga orang dan melukai beberapa lainnya di Yerusalem pada hari Kamis, kata polisi Israel, dalam serangan tak lama setelah gencatan senjata di Israel.
Orang-orang menyaksikan pasukan keamanan dan tim penyelamat Israel memeriksa lokasi penembakan pagi hari di Yerusalem pada 30 November 2023. Orang-orang bersenjata membunuh tiga orang dan melukai beberapa lainnya di Yerusalem pada hari Kamis, kata polisi Israel, dalam serangan tak lama setelah gencatan senjata di Israel. (AHMAD GHARABLI / AFP)

Baca juga: Israel Menolak Terima Tujuh Tawanan Israel dan Tiga Jenazah Israel yang Tewas karena Serangan Udara

Sejumlah besar petugas pertolongan pertama dan pasukan keamanan berkumpul di kawasan yang dipenuhi penumpang pagi hari, dan polisi mengatakan mereka sedang berupaya untuk membuka kembali jalan tersebut.

“Peristiwa ini membuktikan sekali lagi bagaimana kita tidak boleh menunjukkan kelemahan, bahwa kita harus berbicara dengan Hamas hanya melalui senjata, hanya melalui perang,” kata Menteri Keamanan Nasional sayap kanan, Itamar Ben-Gvir, di lokasi serangan, Kamis (30/11/2023).

Dia menambahkan, Israel akan melanjutkan kebijakannya untuk melonggarkan peraturan penerbitan izin kepemilikan senjata kepada warga negara.

Netanyahu akan Persenjatai Warga Sipil

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara selama konferensi pers di pangkalan militer Kirya di Tel Aviv pada 28 Oktober 2023 di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas.
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara selama konferensi pers di pangkalan militer Kirya di Tel Aviv pada 28 Oktober 2023 di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas. (ABIR SULTAN / POOL / AFP)

Menanggapi penembakan ini, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan pemerintahannya akan terus mendistribusikan senjata kepada warga sipilnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas