Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

ISW: Taktik dan Strategi Militer Hamas Semakin Canggih Hadapi Zionis Israel di Gaza Selatan

Menurut Institute for the Study of War (ISW), sebuah wadah pemikir AS, Hamas telah menggunakan taktik yang semakin canggih.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in ISW: Taktik dan Strategi Militer Hamas Semakin Canggih Hadapi Zionis Israel di Gaza Selatan
Tangkapan layar/Twitter
BIDIK MANGSA- Gambar saat pasukan IDF menjadi mangsa dari Brigade Al Qassam. Pejuang Hamas menggunakan taktik yang lebih canggih untuk menargetkan pasukan Zionis Israel. Pejuang milisi Palestina, Hamas terus menggunakan taktik yang lebih canggih untuk menargetkan pasukan Israel di seluruh Jalur Gaza. 

ISW: Taktik dan Strategi Militer Hamas Semakin Canggih Hadapi Zionis Israel di Gaza Selatan

TRIBUNNEWS.COM- Strategi militer Hamas melawan Israel berkembang di Gaza selatan.

Menurut Institute for the Study of War (ISW), sebuah wadah pemikir AS, Hamas telah menggunakan taktik yang semakin canggih.

Taktik yang digunakan Hamas cukup cerdas saat menghadapi pasukan Israel sejak gencatan senjata di Jalur Gaza berakhir pada 1 Desember.

Ketika konflik semakin terfokus di Gaza selatan, kelompok Islam Palestina juga mengerahkan senjata yang lebih canggih, termasuk drone peledak dan amunisi anti-tank.

Ketika tank-tank Israel meluncur ke Gaza selatan pada hari Minggu, tahap kedua serangan darat Israel di daerah kantong Palestina dimulai, membawa serangkaian tantangan baru bagi pasukan Israel dan apa yang tampaknya merupakan strategi militer baru dari Hamas.

Pasca gencatan senjata, kelompok Islam dan militan Palestina yang bersekutu tampaknya telah meningkatkan persenjataan mereka dan menyesuaikan taktik mereka “berdasarkan pembelajaran selama sebulan terakhir pertempuran di Jalur Gaza”, menurut sebuah laporan yang dirilis pada 3 Desember oleh ISW.

Baca juga: Sinyal Israel Tumbalkan Sandera yang Ditawan Hamas, Netanyahu: Tak Ada Peluang Semua Bisa Pulang

Senjata yang Meningkat

BERITA TERKAIT

Salah satu perubahan yang paling menonjol adalah peningkatan penggunaan eksplosif penetrator (EFP) – bahan peledak proyektil yang dirancang untuk menembus lapis baja, bahkan ketika ditembakkan dari jarak jauh.

Senjata-senjata tersebut, yang hanya digunakan dua kali pada bulan Oktober dan November, telah dikerahkan lima kali sejak 1 Desember, menurut lembaga tersebut.

Dari tiga jenis EFP yang digunakan saat ini, yang paling umum adalah “meledakkan dan meluncurkan pecahan peluru baja ke segala arah, menimbulkan dampak mematikan biasanya dalam radius 10-40 meter”, kata Alexandre Vautravers, pakar keamanan di Global Studies Institute di Universitas Jenewa dikutip dari AFP.

Rincian dalam laporan ISW ​​tidak merinci jenis EFP yang digunakan oleh Hamas, namun mengindikasikan bahwa jenis tersebut lebih cenderung merupakan jenis kedua atau ketiga yang biasa digunakan sebagai amunisi anti-tank.

Keduanya memiliki proyektil berbentuk khusus yang mampu “menembus baju besi atau benteng yang sangat tebal”, kata Vautravers.

Persenjataan yang lebih tua tidak sebanding dengan sistem pertahanan Trophy Israel yang dikembangkan pada akhir tahun 2000an untuk “mencegat proyektil sebelum mengenai kendaraan lapis baja”, kata Omri Brinner, spesialis geopolitik Timur Tengah di Tim Internasional untuk Studi Keamanan (ITSS) Verona.

Dia menambahkan, bagaimanapun, perlindungan seperti itu “tidak dipasang pada setiap model tank”.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas