Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Tunda Penjualan 20.000 Senapan ke Israel saat Kematian Meningkat di Tepi Barat

AS menunda penjualan 20.000 senapan ke Israel karena meningkatnya kekerasan pemukim Israel di Tepi Barat.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in AS Tunda Penjualan 20.000 Senapan ke Israel saat Kematian Meningkat di Tepi Barat
JAAFAR ASHTIYEH / AFP
Tentara Israel bentrok dengan pemukim Yahudi dari pemukiman Einav di dekatnya, mencoba menyerbu kota Deir Sharaf di provinsi Nablus di Tepi Barat yang diduduki pada 2 November 2023, setelah seorang Israel terbunuh ketika mobilnya diserang. -- AS menunda penjualan 20.000 senapan ke Israel karena meningkatnya kekerasan pemukim Israel. 

TRIBUNNEWS.COM - Dua pejabat Amerika Serikat (AS) yang namanya tidak disebutkan mengatakan pemerintahan Presiden AS Joe Biden akan menunda penjualan lebih dari 20.000 senapan M-16 buatan Amerika ke Israel.

AS khawatir hal ini dapat meningkatkan serangan pemukim Israel terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki, dilansir Reuters.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, sebelumnya meminta Israel untuk mengambil tindakan mendesak untuk menghentikan kekerasan pemukim terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki.




Juru bicara Departemen Luar Negeri, Matthew Miller, mengatakan Antony Blinken menekan Benny Gantz, pemimpin oposisi Israel yang bergabung dengan pemerintahan darurat perang yang dibentuk oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Ia meminta Israel mengambil langkah-langkah positif untuk mengurangi ketegangan di Tepi Barat.

“Termasuk dengan menghadapi meningkatnya tingkat kekerasan pemukim ekstremis,” kata Antony Blinken dalam panggilan telepon.

Baca juga: Pertempuran Mematikan di Jenin, Israel Bunuh 11 Pemuda Palestina di Tepi Barat

AS Tunda Penjualan Senjata ke Israel

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden menyetujui penjualan senjata ke Israel.

Kesepakatan itu dimaksudkan untuk menyediakan senjata bagi kelompok tanggap darurat yang berada di bawah wewenang polisi Israel untuk menanggapi perlawanan lokal dari Palestina.

Kelompok tanggap darurat adalah warga sipil Israel yang menerima senjata dan pelatihan dari polisi Israel untuk menjadi responden pertama jika terjadi serangan.

Namun, kesepakatan itu diajukan lagi untuk dipertimbangkan.

AS meminta komitmen senjata itu tidak akan disalurkan ke kelompok tanggap darurat di pemukiman itu karena laporan meningkatnya kekerasan pemukim Israel.

Setidaknya 283 warga Palestina di Tepi Barat, termasuk 64 anak-anak, telah tewas akibat tembakan Israel dan lebih dari 4.000 orang ditahan sejak 7 Oktober 2023, dikutip dari Al Jazeera.

Asap mengepul menyusul ledakan yang menargetkan sebuah rumah yang menurut tentara Israel milik seorang tersangka selama operasi militer di dalam kamp pengungsi Palestina Jenin di Tepi Barat yang diduduki pada 13 Desember 2023. Kekerasan telah meningkat di wilayah pendudukan sejak perang melawan Hamas pecah, dengan sekitar 270 warga Palestina tewas akibat tembakan Israel dan serangan pemukim di Tepi Barat sejak 7 Oktober 2023, kata para pejabat Palestina.
Asap mengepul menyusul ledakan yang menargetkan sebuah rumah yang menurut tentara Israel milik seorang tersangka selama operasi militer di dalam kamp pengungsi Palestina Jenin di Tepi Barat yang diduduki pada 13 Desember 2023. (Jaafar ASHTIYEH / AFP)

Baca juga: Terancam Kehilangan Dukungan AS, Netanyahu Tegaskan Israel akan Terus Serang Gaza sampai Hamas Kalah

Hamas Palestina vs Israel

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas