Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

221 Anggota Partai Republik Dukung Sidang Pemakzulan terhadap Joe Biden

Sebanyak 221 anggota Partai Republik mendukung sidang pemakzulan resmi terhadap Presiden Joe Biden dalam salah satu pemungutan suara terakhir.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in 221 Anggota Partai Republik Dukung Sidang Pemakzulan terhadap Joe Biden
ANDREW CAballero-REYNOLDS / AFP
Presiden AS Joe Biden menyampaikan pidato tentang tindakan baru untuk memperkuat rantai pasokan di Ruang Perjanjian India Gedung Putih di Washington, DC, pada 27 November 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) secara sah membuka penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Joe Biden pada Rabu (13/12/2023) kemarin.

Sebanyak 221 anggota Partai Republik mendukung sidang pemakzulan resmi terhadap Presiden Joe Biden, dalam salah satu pemungutan suara terakhir.

Dilansir The Guardian, meski tidak ada bukti yang menguatkan, Partai Republik mengklaim Biden dan keluarganya mengambil keuntungan pribadi saat menjadi wakil presiden di bawah kepemimpinan Barack Obama.

Biden yang dihadapkan pada vote DPR AS, menyebut lawan-lawannya menyerang dirinya dengan "kebohongan".

Dengan vote DPR AS pada Rabu (13/12/2023), bisa saja membuat Biden benar-benar dimakzulkan.

Dorongan untuk memakzulkan Biden berasal dari pandangan Partai Republik.

Situasi di parlemen pun menjadi tantangan bagi Partai Republik untuk mempertahankan kursi mayoritas di DPR, terutama yang sebelumnya menyatakan dukungan terhadap Biden.

Baca juga: Profil Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Perjalanan Karir hingga Terancam Dimakzulkan

BERITA REKOMENDASI

BBC News menghubungi 17 anggota Partai Republik yang mewakili distrik-distrik yang dimenangkan Presiden Biden pada tahun 2020.

Analis politik dan lembaga survei percaya bahwa para anggota DPR ini paling berisiko kehilangan kursi mereka menjelang pemilu AS tahun 2024 mendatang.

"Bagaimana para anggota DPR ini menjalani proses politik yang ketat terkait penyelidikan pemakzulan Biden dapat membantu memutuskan apakah Partai Demokrat atau Republik akan mengendalikan Dewan Perwakilan Rakyat tahun depan," kata analis.

Presiden AS Joe Biden berbicara pada pertemuan Dewan Penasihat Infrastruktur Nasional, di Ruang Perjanjian India Gedung Putih di Washington, DC, pada 13 Desember 2023.
Presiden AS Joe Biden berbicara pada pertemuan Dewan Penasihat Infrastruktur Nasional, di Ruang Perjanjian India Gedung Putih di Washington, DC, pada 13 Desember 2023. (Jim WATSON / AFP)

"Ini merupakan tantangan khusus bagi Partai Republik untuk mempertahankan mayoritas tipis di DPR," urai analis.

Baca juga: Apa Arti Pemakzulan Presiden Joe Biden dan Bagaimana Senat Menghukum Pejabat AS?

Penyelidikan selama bertahun-tahun terhadap putranya, Hunter Biden, yang mereka tuduh menggunakan nama ayahnya untuk melakukan transaksi bisnis ilegal atau tidak etis.

Meskipun Hunter Biden baru-baru ini didakwa oleh Departemen Kehakiman atas pelanggaran pajak, penyelidikan Partai Republik selama berbulan-bulan tampaknya gagal untuk melibatkan presiden tersebut dalam pelanggaran terkait.

"Penyelidikan ini memungkinkan komite terkait mendapatkan lebih banyak informasi mengenai tuduhan serius, mengikuti fakta, dan bersikap transparan terhadap rakyat Amerika," Perwakilan Young Kim dari California mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada BBC News.

(FILE) Hunter Biden tiba untuk bersulang saat Makan Malam Kenegaraan resmi untuk menghormati Perdana Menteri India Narendra Modi, di Gedung Putih di Washington, DC, pada 22 Juni 2023. Hunter Biden didakwa pada akhir Desember 7, 2023 atas sembilan dakwaan penghindaran pajak, yang kedua kalinya tahun ini putra Presiden Joe Biden yang bermasalah didakwa oleh penasihat khusus yang menyelidiki urusan pribadi dan bisnisnya.
(FILE) Hunter Biden tiba untuk bersulang saat Makan Malam Kenegaraan resmi untuk menghormati Perdana Menteri India Narendra Modi, di Gedung Putih di Washington, DC, pada 22 Juni 2023. Hunter Biden didakwa pada akhir Desember 7, 2023 atas sembilan dakwaan penghindaran pajak, yang kedua kalinya tahun ini putra Presiden Joe Biden yang bermasalah didakwa oleh penasihat khusus yang menyelidiki urusan pribadi dan bisnisnya. (Stefani Reynolds / AFP)

Baca juga: Profil Hunter Biden, Anak Presiden Amerika Serikat Joe Biden

Dilansir laman resmi USA Goverment, pemakzulan adalah proses mengajukan tuntutan terhadap pejabat pemerintah karena melakukan kesalahan.

Konstitusi AS memberi wewenang kepada Kongres (DPR dan Senat AS) untuk memakzulkan pejabat federal.

Pemakzulan artinya seorang pejabat dapat didakwa karena pengkhianatan, penyuapan, dan kejahatan berat serta pelanggaran ringan lainnya.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas