Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemarin Ngebom Duluan, Kini Israel Merengek ke Mesir dan Qatar Minta Pertukaran Tawanan Lagi

Pembicaraan formal pertukaran tahanan Israel-Hamas belum diadakan sejak Israel menarik perunding Mossad dari Doha pada awal Desember

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Kemarin Ngebom Duluan, Kini Israel Merengek ke Mesir dan Qatar Minta Pertukaran Tawanan Lagi
Tangkapan layar Twitter/@taraxrh
AKRAB- Sebuah video beredar memperlihatkan sejumlah tawanan Israel yang tampak akrab dengan para pejuang Hamas saat dibebaskan. Video yang dikeluarkan oleh para pejuang Hamas itu mematahkan berbagai Propaganda Israel. 

Kemarin Ngebom Duluan, Kini Israel Merengek Minta Pertukaran Tawanan Lagi: Hamas Ogah Kompromi

TRIBUNNEWS.COM - Israel, dengan dukungan Amerika Serikat, dilaporkan menekan Mesir dan Qatar untuk kembali memulai perundingan pertukaran tahanan dengan milisi pembebasan Palestina, Hamas.

Rengekan Israel kali ini disebutkan disertai tawaran yang signifikan, berupa pembebasan banyak tahanan Palestina di penjara Israel.

Baca juga: Media Israel Sebut Pembanjiran Terowongan Sukses, Hamas: Dibangun Insinyur, Sudah Diperhitungkan

Namun, syarat utama perundingan kali ini, jika diterima, adalah kesepakatan apa pun yang mencakup permintaan penghentian total pertempuran di Gaza, tidak akan diterima.

Media berbahasa Ibrani, Israel Hayom melaporkan, Jumat (15/12/2023), syarat utama itu diajukan oleh para pejabat di kabinet perang Israel.

Baca juga: Israel Akan Kirim Pasukan ke Perbatasan Mesir Gegara Hamas, Mau Apa? Apa Respons Kairo?

Penyebab Berakhirnya Gencatan Senjata Pada Awal Desember

Laporan itu juga menyertakan penjelasan mengenai penyebab berakhirnya gencatan senjata yang sempat terjadi di Perang Gaza.

Setelah berlangsung sepekan dan berhias pertukaran tawanan, Jumat (1/12/2023), jet-jet Israel kembali membombardir Gaza, menandakan berakhirnya jeda perang.  

BERITA TERKAIT

Para pejabat di Tel Aviv menyatakan, sejatinya garis besar perundingan sebelumnya itu, mengenai tiga tahanan Palestina per tawanan terbuka untuk diterapkan.

Namun Israel mengklaim kalau Hamas belum meneruskan daftar nama tawanan yang akan dibebaskan ke Mesir atau Qatar, dua negara mediator.

Asap mengepul di atas gedung-gedung selama serangan Israel terhadap Khan Yunis di Jalur Gaza selatan, setelah pertempuran kembali terjadi antara Israel dan militan Hamas, pada 2 Desember 2023. Gencatan senjata sementara antara Israel dan Hamas berakhir pada 1 Desember, dengan tentara Israel mengatakan operasi tempur telah melanjutkan, menuduh Hamas melanggar jeda operasional. (Photo by SAID KHATIB / AFP)
Asap mengepul di atas gedung-gedung selama serangan Israel terhadap Khan Yunis di Jalur Gaza selatan, setelah pertempuran kembali terjadi antara Israel dan militan Hamas, pada 2 Desember 2023. Gencatan senjata sementara antara Israel dan Hamas berakhir pada 1 Desember, dengan tentara Israel mengatakan operasi tempur telah melanjutkan, menuduh Hamas melanggar jeda operasional. (Photo by SAID KHATIB / AFP) (AFP/SAID KHATIB)

Hal itu yang membuat Israel memutuskan untuk tidak meneruskan gencatan senjata.

Media Israel tersebut juga melansir bantahan seorang pejabat politik atas laporan berhentinya gencatan senjata kemarin karena Israel menolak membebaskan para pejabat senior yang dipenjara di Israel dan penghentian agresi di Gaza.

Laporan tersebut menambahkan, Tel Aviv tertarik pada pertukaran lain untuk membebaskan tawanan dan mendesak adanya kondisi yang ideal agar kesepakatan itu terwujud.

“Para menteri dari kabinet yang dikurangi (Israel membubarkan sejumlah kementerian) menyatakan dukungannya terhadap upaya untuk memperbarui kontak minggu ini karena definisi tujuan operasi (militer) adalah pengembalian tawanan (kembali pulang),” lapor Israel Hayom.

Baca juga: Hamas Sisakan Sandera Tentara Israel, Komandan Al-Qassam: Tak Ada Negosiasi, Biarkan Perang Berkobar

Direktur Mossad Israel David Barnea berbicara pada KTT Dunia Institut Internasional untuk Kontra-Terorisme (ICT) di kota pesisir tengah Herzliya pada 10 September 2023.
Direktur Mossad Israel David Barnea berbicara pada KTT Dunia Institut Internasional untuk Kontra-Terorisme (ICT) di kota pesisir tengah Herzliya pada 10 September 2023. (GIL COHEN-MAGEN / AFP)

Kirim Direktur Mossad ke Qatar, Angkuh Meski Terjepit

Laporan Israel Hayom ini muncul beberapa hari setelah jadwal perjalanan direktur Mossad David Barnea ke Qatar dibatalkan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas